Tanya Dokter

  • Apa saya menderita herpes? Dan bagaimana cara menanganinya?

  • halo dok, saya mau bertanya nih. beberapa hari yang lalu leher saya terasa agak gatal lalu saya garuk pelan namun keesokan hari nya leher saya terasa perih dan terlihat kulit saya melepuh seperti tersundut rokok... dan sekarang lepuhan itu semakin membesar, dan disekitar lepuhan itu ada bintik2 merah dan sekarang semakin lebar padahal tidak saya garuk... kira2 itu herpes bukan ya dok? dan kira2 penanganan nya bagaimana? dan diberi obat apa agar cepat sembuh?

     

    terima kasih.

    Hai Penyakit kulit herpes dapat berupa herpes simpleks yang disebabkan oleh virus herpes simpleks virus dan juga herpes zooster akibat dari virus varicella zooster. Ciri-ciri dari herpes adalah melenting-melenting kecil berkelompok,dikelilingi kemerahan dan juga disertai rasa nyeri. Pada herpes simpleks-1, bisa dimana saja, namun paling sering pada daerah mulut. Sedangkan pada herpes zooster juga dapat dimana saja namun khasnya adalah terkena hanya salah satu sisi tubuh, pada orang awam herpes zooster disebut sebagai cacar ular. Untuk mengetahui pasti dari suatu penyakit kulit diperlukan pemeriksaan dengan melihat langsung oleh dokter, karena bentuk dari penyakit kulit kadang dapat mirip satu sama lain walaupun penyebabnya berbeda. Karena yang Anda alami bisa saja bukan suatu herpes, melainkan akibat dari:

    • Alergi
    • Dermatitis herpetiformis. Menyerupai herpes zooster namun mengenai kedua sisi tubuh
    • Infeksi bakteri
    • Kudis (skabies)
    Mengenai herpes zooster dapat Anda baca pada artikel dibawah ini: Herpes Zooster. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william