Tanya Dokter

  • apakah hipersensitivitas termasuk hal yang gawat darurat?

  • saya mau nanya dok, apakah hipersensitivitas itu termasuk hal yang gawat darurat?

    Halo Satrya, Hipersensitivitas atau biasa disebut alergi dapat berpotensi membahayakan nyawa bila reaksi gangguan imunitas yang muncul menyerang sistem pernafasan seperti asma, urtikaria atau biduran daerah mulut lidah dan saluran nafas, reaksi transfusi, dan terutama syok anafilaksis.

    Syok anafilaksis adalah reaksi alergi yang timbul mendadak dalam hitungan menit setelah terpapar bahan alergen (pencetus alergi) menyebabkan gejala seperti : Badan tiba-tiba terasa hangat dan panas, lidah dab bibir bengkak menyebar ke tenggorokan bengkak sehingga sulit menelan, berbicara bahkan sulit bernafas dan mengi, Sensasi kesemutan pada kulit kepala, mulut, tangan, dan kaki. Mual, muntah, sakit perut dan diare. Penurunan kesadaran menyebabkan kebingungan, gelisah, sensasi melayang, ingin pingsan, sampai kehilangan kesadaran. Berdebar-debar, denyut nadi lemah, keringat dingin, dan pucat.

    Waspadai gejala seperti ini harus segera mendapat pertolongan medis.

    Bahan pencetus reaksi alergi yang harus diwaspadai : pemberian obat suntik, obat minum, transfusi darah, seafood, kacang-kacangan, sengatan ubur-ubur, lebah, debu atau udara ekstrim (dingin).

    Klik artikel : Hipersensitifitas, Syok Anafilaksis

    Semoga bermanfaat