Tanya Dokter

  • Gejala penyakit HIV

  •  Jack Daniel
    Anggota

    Saya mau bertanaya dok selama bulan april sampai minggu pertama di bulan oktober saya melakukan hubungan seks, setelah itu leher saya memerah mirip seprti biang keringan, kalo berkeringat terasa gatal dan perih, kemudian seminggu setelah itu saya melakukan tes hiv ternyata hasil nya negatif 2 minggu setelah tes tenggorokan saya sakit selama 5 hari dan mucul 3 buah sariawan,.. yg saya mau tanya kan apakah saya teserang hiv dok....???

    Jack Daniel  Jack Daniel
    Anggota

    saya sudah 3 kali dong berhubungan badan

    Dear Jack, HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang melemahkan pertahanan tubuh melawan infeksi dan penyakit. HIV ditularkan melalui:

    • hubungan seksual tanpa kondom baik vaginal, anal, maupun oral.
    • penggunaan jarum suntik secara bersamaan terutama di kalangan pengguna narkoba
    • ibu hamil yang positif HIV kepada bayinya
    • transfusi darah atau produk darah yang mengandung HIV
    Jika pasangan seksual Anda terjangkit HIV, kemungkinan tertular HIV lewat hubungan seksual tentunya tetap ada, meskipun kita tidak pernah tahu pada hubungan ke berapa HIV itu tertular. Gejala awal terinfeksi HIV memang mirip gejala flu, sehingga sulit dibedakan dengan gejala flu biasa. Untuk mengetahui apakah tertular HIV atau tidak, diperlukan pemeriksaan darah untuk memastikan adanya antibodi terhadap HIV. Tes ini sebaiknya dilakukan minimal 3 bulan sejak hubungan seksual terakhir. Waktu 3 bulan ini diperlukan untuk menunggu antibodi terhadap HIV diproduksi dalam jumlah cukup dan bisa terdeteksi dalam pemeriksaan. Jika hasilnya negatif, lakukan kembali 3 bulan kemudian. Berikut artikel yang dapat Anda baca: HIV AIDS Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Rony Wijaya