Tanya Dokter

  • Sesak napa hingga sulit bicara, dan nyeri pada pundak kanan

  • siang dok saya ingin bertanya, ahir2 ini orangtua saya mengalami sesak napas, sesak napas hingga sulit berbicara, lalu beliau juga mengalami rasa sakit dan nyeri yg saya rasa cukup parah di bagian pundak sebelah kanan, kadang beliau tidak tahan dengan rasa sakit tersebut. apakah ini gejala angin duduk? atau gejala penyakit lain?  terimakasih.

    Hai Bondan Gejala angin duduk terjadi akibat dari penyempitan pembuluh darah jantung sehingga otot jantung kekurangan darah. Gejalanya antara lain:

    • Nyeri pada dada seperti terasa ditekan, ditindih, panas, ditusuk-tusuk
    • Nyeri dapat menjalar pada lengan sebelah kiri, rahang dan punggung
    • Dapat disertai sesak napas, nyeri ulu hati, mual muntah, dan keringat dingin.
    Gejala ini biasanya bersifat mendadak, dapat setelah aktivitas berat, kelelahan, cuaca dingin ataupun saat sedang istirahat. Nyeri dapat berlangsung sementara dan hilang dengan sendirinya ataupun dapat semakin memberat. Beberapa faktor risiko terjadinya angin duduk, antara lain: Untuk memastikan apakah gejala tersebut merupakan angin duduk akibat penyakit jantung atau bukan, sebaiknya Anda ke dokter karena angin duduk untuk diperlukan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter, serta beberapa pemeriksaan penunjang seperti rekam jantung (EKG), angiografi jantung, dan USG jantung (ekokardiografi). Penyebab lain dari sesak napas adalah gangguan pada paru-paru seperti asma paru, bronkitis, dll. Informasi mengenai angin duduk dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Angin duduk. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william