Tanya Dokter

  • Penyebab bintitan dan solusi penanganannya

  • Dokter sy mengalami bintitan di dua kelopak mata saya sama sama diatas tapi disbelah kanan dibawah juga ada dan itu semakin membesar saya sudah menglami bintitan itu lebih dari 3bln dan skenarang bintitan yg dibawah kanan kelopak mata saya smkin membesar dan skrng gatal saya pernah ke doter mata di suyota dan dokternya hnya memagang bintitanny saja kemudian kasih resep cendocytrol salep warna kuning sy sudah 2x make tp jrakny berbeda wktu td mlm sy pakein trs pagi2nya gatel dok. Sbelumnya nyeri klo merem kaya nyilu gtu dok. Itu knp ya?

    Hai Rahmatul. Bintitan atau secara medis disebut hordeolum merupakan suatu kondisi adanya peradangan pada keenjar sebasea (minyak) pada mata. Kondisi ini menyebabkan adanya bisul mirip seperti jerawat yang merah, dan nyeri. Biasanya dapat disebabkan oleh adanya penggunaan kosmetik yang sudah kadaluarsa, membersihkan make up tidak bersih, penggunaan soflen yang tidak higienis.

    Kondisi ini dapat ditangani dengan memberikan kompres hangat pada bisul, menjaga kebersihan daerah mata dimana sementara waktu hindari penggunaan kosmetik pada mata dan soflens, gunakan penghilang nyeri seperti paracetamol untuk menghilangkan nyeri dan pemberian antibiotik bila perlu dimana dibutuhkan saran dokter. 

    Selain bintitan atau hordeolum, kondisi anda sendiri dapat disebabkan kalazion, blefaritis. Konsultasi ke dokter mata anda untuk informasi lebih lanjut. Berikut mengenai bintitan. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa