Tanya Dokter

  • Gejala infeksi saluran kemih atau kurang minum?

  •  Feni Nurdiani
    Anggota

    Sore dok, Saya perempuan berumur 18 tahun..

    ketika saya pipis itu terasa nyeri pada saat pipis akan berhenti,,..

    itu kenapa ya dok ?? itu saya alami dimulai beberapa hari yang lalu..  dan memang sya jarang sekali  untuk banyak minum

    mohon solusi dan cara menghilangkan nyeri secara alami.

    Halo, Nyeri ketika berkemih kemungkinan besar menunjukkan adanya gangguan pada sistem saluran kemih, baik karena proses infeksi maupun akibat adanya sumbatan, misalnya akibat batu saluran kemih (BSK). Namun tidak menutup kemungkinan nyeri disebabkan karena iritasi sekitar muara saluran kemih, maupun adanya penyakit menular seksual. Infeksi saluran kemih (ISK) sering dialami oleh wanita, karena faktor anatomis, yaitu saluran uretra yang relatif lebih pendek dibandingkan pada pria. Selain itu, ISK juga dapat disebabkan oleh hygiene (kebersihan diri) yang buruk. Tanda dan gejala pada ISK antara lain adalah sebagai berikut:

    • Nyeri saat berkemih
    • Merasa anyang-anyangan (serasa ingin sering berkemih)
    • Nyeri pada perut bagian bawah
    • Urin yang berdarah
    • Demam dan lemas
    Faktor kurangnya minum air putih dapat menjadi salah satu faktor penyebab ISK dan BSK. Sedikitnya air dalam saluran kemih menyebabkan koloni kuman mengendap dan berkembang biak sehingga menimbulkan infeksi. Kurangnya air dalam saluran kemih juga dapat menyebabkan mineral yang dapat menjadi bahan pembentuk batu mengendap, kemudian membentuk BSK yang dapat menyumbat saluran kemih. Jika muncul gejala seperti ini, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang jika perlu, seperti pemeriksaan laboratorium darah rutin, atau pemeriksaan urin rutin. Selanjutnya dokter akan menentukan penanganan yang tepat sesuai dengan diagnosis. Apabila memang mengalami ISK, umumnya dokter akan memberikan pengobatan antibiotik untuk mengatasi kuman. Obat-obatan lain untuk meringankan demam maupun nyeri juga dapat ditambahkan. Jika nyeri dirasakan sangat mengganggu, Anda dapat memperoleh sendiri paracetamol yang dijual bebas. Untuk mencegah ISK, ada baiknya Anda minum air putih yang cukup, sekitar 2 liter per hari, serta selalu menjaga kebersihan sekitar muara saluran kemih dan alat kelamin. Berikut ini adalah artikel dengan topik yang serupa: Sakit dan ngilu saat BAK   Semoga lekas sembuh, dr. Agatha

    Feni Nurdiani  Feni Nurdiani
    Anggota

    Kalo semua gejala itu tdk d rasa / tdk muncul ,hanya anyang anyangan dansakit stlah pipis saja itu bagai mana dok? Apakah d apotik ada obat nya?

    Secara umum, pengobatan utama untuk ISK adalah antibiotik. Namun penggunaan antibiotik harus rasional dan melalui berbagai pertimbangan tergantung kondisi penderita. Kunjungi dokter terdekat ya, semoga membantu dan semoga lekas sembuh.