Tanya Dokter

  • Keluar darah setelah selesai masa haid

  •  ukysari
    Anggota

    Permisi Dok mohon infonya, saya selesai menstruasi terakhir pada 1 minggu yang lalu (18 nov 2016), tapi kemudian 10 hari setelahnya (28 nov) darah mens keluar lagi tanpa saya mengalami gejala menstruasi. sudah 4 hari masih keluar tanpa berkurang volumenya, saya curiga itu bukan darah haid tapi apa ya, Dok? ini menjadi salah satu gejala penyakit apa ya dok? saya masih berumur 22 tahun dan belum menikah. Terima kasih ditunggu jawabannya.

    Hai,

    Menstruasi yang normal memiliki siklus 21-35 hari, dan berlangsung 2-7 hari. Beberapa faktor dapat mempengaruhi menstruasi yang terjadi, misalnya gaya hidup seperti kurang istirahat, stres, olahraga berlebihan, atau gangguan makan.

    Berikut ini hal-hal yang dapat menyebabkan perdarahan abnormal dari vagina tersebut:

    - siklus ovulasi yang tidak teratur

    - kelainan pembekuan darah

    - fibroid rahim

    - gangguan kelenjar tiroid

    - efek samping obat atau terapi hormon

    - adanya polip pada rahim, serviks, atau endometrium 

     

    Cobalah untuk tetap memiliki pola hidup sehat. Konsumsi makanan bergizi secara teratur. Memiliki waktu istirahat yang cukup. Hindari stres. Tidak merokok. Lakukan olahraga rutin dan memiliki berat badan ideal. Selain itu, jaga kebersihan dan kesehatan daerah kewanitaan.

    Jika perdarahan masih tetap berlanjut, Anda sebaiknya periksa ke dokter. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang seperti tes darah atau USG. Dokter akan memberikan langkah penanganan yang tepat sesuai dengan penyebab dasarnya.

     

     

    Semoga bermanfaat,

    dr. Jessica