Tanya Dokter

  • Apakah ini DBD atau bukan?

  • Selamat siang Dok, Saya ingin bertanya,saya sudah 2 hari mengalami demam pada siang hari dan juga perasaan menggigil di tubuh terutama bagian jari kaki dan jari tangan, lalu saya merasa mual dan pusing disekitar dahi saya, saya curiga ini DBD tapi saya tidak melihat ada bintik-bintik ditubuh. Saya bingung saya sakit apa dok. Terimakasih sudah membaca dan membalas pertanyaan saya dok

    Halo Hanummianiputri.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Jika kita fokuskan kepada kondisi demam yang Anda alami, maka hal ini terjadi oleh karena daya tahan tubuh yang sedang melakukan perlawanan terhadap mikroorganisme ( seperti : bakteri, virus, parasit, jamur ) yang masuk ke dalam tubuh.

    Seseorang dikatakan demam jika suhu tubuhnya melebihi 37,5 ° Celcius, di mana demam paling sering disertai dengan gejala - gejala, diantaranya adalah : sakit kepala, pusing, menggigil, batuk, bersin - bersin, hidung tersumbat, tidak nafsu makan, pegal linu, mual, muntah, nyeri otot, dll.

    Demam yang anda alami dapat saja disebabkan oleh karena demam berdarah / DBD, akan tetapi sebelum dilakukannya pemeriksaan darah ( untuk memastikan penyebab demam ), maka demam juga dapat disebabkan oleh : radang tenggorokan, demam tipus, radang Amandel, infeksi saluran pernafasan, malaria, infeksi saluran kemih.

    Cobalah atasi keadaan demam Anda terlebih dahulu dengan cara mengonsumsi obat pereda demam yaitu Parasetamol apabila tidak terdapat kontra indikasi terhadap tubuh Anda, disertai dengan melakukan tips berikut ini, yaitu : makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, perbanyak makan buah dan sayur, minum air putih minimal 2 Liter perhari, tidur dan istirahat yang cukup.

    Jika setelah Anda melakukan cara - cara diatas, demam yang Anda alami tidak kunjung Mereda selama lebih dari tiga hari, dihitung dari hari pertama munculnya demam, atau kondisi yang Anda alami semakin memburuk, maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui dokter, sehingga Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut khususnya pemeriksaan darah, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui

    Klik Artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    DEMAM

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati