Tanya Dokter

  • Gejala penyakit HIV

  • Dok saya remaja berusia 17 thn beberapa hari lalu saya mengikuti kegiatan sosial untuk membersihkan lingkungan disekitar mangrove, disana saya menemukan sebuah bra basah tergantung diranting, saya lantas mengabadikan bra tersebut dan memegangnya setelah itu teman saya memukul bra tersebut dan cipratannya mungkin masuk ke tubuh saya , dari kasus tersebut apakah saya bisa terkena hiv? Dan setau saya virus hiv akan mati bila diluar tubuh.

    Setelah sehari saya terkena cipratan tersebut badan saya langsung mendadak meriyang tenggorokan sakit mual. Dan seminggu setelahnya disusul pembengkakan kelenjar getah bening yg kecil di leher dan selangkangan dileher mengakibatkan leher terasa kaku dan di selangkangan mengakibatkan rasa mengganjal

    Hai Abdillah, Penularan virus HIV dapat terjadi melalui:

    • Melalui luka terbuka di kulit yang tercemar dengan darah atau cairan tubuh yang mengandung HIV
    • Melalui dinding tipis mulut dan mata
    • Melalui hubungan seksual tidak aman dan anal seks
    • Melalui suntikan dengan jarum suntik terinfeksi
    • Melalui transfusi darah
    • Dari Ibu ke bayinya saat melahirkan dan menyusui
    • Melalui alat tindik, tato atau toy sex
    Perlu diketahui bahwa penularan virus HIV ini tidak seperti penularan virus flu yang dapat melalui udara. Cairan tubuh seperti air liur, keringat, atau urine tidak bisa menularkan virus karena kandungan virusnya yang sedikit. Silahkan baca: Penyebab HIV/AIDS Berdasarkan kasus di atas, sangat kecil kemungkinan Anda untuk terkena virus HIV. Begitupun, kami tetap menyarankan agar Anda melakukan test HIV di klinik klinik terdekat dengan layanan terkait. Umumnya akan dilakukan konseling sebelum dilakukan pemeriksaan virus HIV tersebut. Gejala gejala yang Anda sebutkan di atas sangat umum, dapat terjadi pada banyak penyakit akibat infeksi, seperti Flu, ISPA, Faringitis, Flu perut, dll. Terinfeksi dengan virus HIV juga memiliki gejala sama. Oleh karena itu, gejala saja tidak dapat menjadi patokan diagnosa terkena virus HIV. Saran kami:
    • Beristirahatlah lebih banyak. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi jenis apapun membutuhkan istirahat agar kondisi tubuh lebih cepat pulih
    • Makan makanan cukup gizi untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat. Perbanyak sayur dan buah segar
    • Banyak minum air putih/mineral
    • Anda dapat minum obat pereda demam/nyeri jika diperlukan
    • Lakukan pemeriksaan HIV di klinik atau fasilitas kesehatan setempat
    Demikian, semoga bermanfaat

    Abdillah Taufiq  Abdillah Taufiq
    Anggota

    Apakah virus atau bakteri dapat dibasmi lewat lambung? Dan kalo bisa berapa lama virus tersebut dapat dibasmi oleh lambung setelah masuk ketubuh ?

    Abdillah Taufiq  Abdillah Taufiq
    Anggota

    Dok berapa lama masa hidup sperma didalam air? Saya pernah baca kalo sperma tidak bisa hidup di air

    Abdillah Taufiq November 10, 2016 at 5:28 am Apakah virus atau bakteri dapat dibasmi lewat lambung? Dan kalo bisa berapa lama virus tersebut dapat dibasmi oleh lambung setelah masuk ketubuh ?
    Hai, Sama seperti virus atau jenis bakteri lainnya, umumnya akan mati dengan kondisi lambung yang asam. Sebelum masuk ke lambung, virus juga di inaktifasi oleh adanya enzym yang terkandung dalam ludah di mulut manusia. Memang hal ini hanya menurunkan resiko penularan, tidak memastikan bahwa tidak akan terjadi penularan setelah virus masuk ke mulut dan lambung. Terutama jika di sekitar rongga mulut terdapat luka, sariawan, infeksi tenggorokan, paska perawatan gigi dan gusi, dll. Demikian.

    Abdillah Taufiq November 11, 2016 at 10:29 am Dok berapa lama masa hidup sperma didalam air? Saya pernah baca kalo sperma tidak bisa hidup di air
    Sperma dapat hidup di air, terutama air hangat, sama seperti habitatnya. Tetapi tidak lama. Berapa lamanya tidak dapat dipastikan, sekitar beberapa menit sampai beberapa jam saja. Demikian.

    Dok saya mau tanya saya pernah ciumana sama pasangan saya tetapi saat itu bibir pasangan saya tergigit oleh saya apakah tindak kami tadi mengakibatkan hiv dok akan tetapi kami berdua tidak ada yg terinfeksi mohon penjelasanya dok