Tanya Dokter

  • gangguan tidur di malam hari

  • Assalamu alaikum dok,

    Saya mengalami Insomnia dan Insomnia yang saya alami ini sangat membuat saya stress berat. Terkadang orang mengalami Insomnia tetapi masih dapat tertidur pulas dalam waktu yang singkat. Berbeda dengan saya, sudah 4 hari ini saya hanya bisa berbaring sambil tutup mata berusaha keras untuk tertidur pulas itupun saya tidak bisa mendapatkan tidur pulas. Satu hal yang membuat saya kesulitan mendapatkan tidur pulas adalah karena pola pernafasan saya cenderung manual ketika tidur yang mengharuskan saya 'sadar' bernafas dalam tidur. Terkadang ketika saya sudah hendak mencapai tahap 'deep sleep' nafas saya semakin melemah dan akhirnya mengalihkan saya untuk bernafas secara sadar lagi. Setiap hari menjelang malam saya hanya bisa khawatir memikirkan bagaimana cara saya tidur untuk malam ini. Mohon bantuan solusinya dok!

     

    Halo Muhammad...... Terimakasih atas pertanyaan Anda. Kondisi yang Anda alami saat ini kemungkinan mengarah ke gangguan kesehatan yang berkaitan dengan tidur yang dalam bahasa medis sering disebut sebagai sleep apnea. Sleep apnea sendiri merupakan keadaan dimana terganggunya pernapasan karena dinding tenggorokan yang terlalu rileks dan menyempit ketika Anda sedang dalam kondisi tidur. Gejala dari sleep apnea sendiri diantaranya adalah :

    • kesulitan tertidur di malam hari / insomnia
    • Sering mengalami henti napas dan kemudian terengah - engah
    • mendengkur dengan keras
    • Sering terbangun di malam hari untuk buan air kecil ( BAK )
    • dll.
    Pemicu penyebab timbulnya sleep apnea diantaranya adalah : jenis kelamin pria, memiliki leher yang besar, obesitas, berusia 40 tahun atau lebih, kelainan pada struktur bagian dalam leher, Riwayat keluarga, merokok, mengonsumsi minuman keras sebelum tidur. Cobalah atasi keadaan ini dengan cara : hindari obat penenang dan obat tidur, turunkan berat badan jika obesitas, tidur dalam posisi miring === jangan terlentang, STOP MEROKOK. Jika dengan cara diatas, kondisi yang Anda alami masih saja terjadi, maka segeralah kunjungi Dokter Spesialis Penyakit Dalam agar dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut. Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya : SLEEP APNEA Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Dr. Jati