Tanya Dokter

  • Penyebab sering kaget dan telapak tangan berkeringat

  •  Joko Nababan
    Anggota
    Nama saya joko nababan, maaf dok saya mau bertanya, saya sering bangat dok kaget kalau ada yg ngagetin padahal biasa biasa ajah hentakannya tapi saya kaget bangat dok, dan telapak tangan saya juga keringatan terus dok, apakah ini yg dinamakan gejala jantung dok? Terimakasih dok

    Halo Bapak Joko, 

    Kekhawatiran Anda mengenai sering kaget dan penyakit jantung dapat dimengerti. Sebenarnya, kaget adalah reaksi alami tubuh, bisa berupa gerakan otot, jantung berdebar, dan berkeringat. Reaksi tubuh ini adalah reaksi alami manusia untuk menghindari bahaya. Tetapi bila sering kaget, umumnya terjadi karena ketidaksiapan menghadapi rangsangan dari sekitar. Biasanya hal ini terjadi karena sering melamun, tidak berkonsentrasi/tidak fokus, atau tidak tanggap terhadap lingkungan sekitar. Kondisi ini juga bisa terjadi ketika sedang kelelahan, stress, gugup atau cemas. 

    Meski begitu, jika Anda merasa khawatir atau memiliki faktor resiko penyakit jantung seperti riwayat keturunan, riwayat darah tinggi, kencing manis, atau lemak darah yang tinggi, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan jantung. Berikut ini adalah ciri-ciri orang dengan penyakit jantung, walaupun bisa saja gejalanya sedikit berbeda: 

    • Nyeri dada, bersifat tumpul seperti tertindih beban berat
    • Nyeri bisa menjalar ke lengan kiri, bahu, punggung/belikat dan leher
    • Nyeri biasanya muncul saat beraktivitas dan membaik saat beristirahat
    • Bengkak pada kaki
    • Sesak nafas

     

    Jika Anda ada gejala-gejala seperti di atas atau Anda merasa khawatir, Anda bisa melakukan pemeriksaan kesehatan jantung di tempat medical check up. Dokter akan melakukan pemeriksaan baik tanya jawab, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang berupa rekam jantung (EKG) pada Anda. Dokter juga bisa merujuk Anda ke dokter spesialis apabila diperlukan.

    Baca diskusi serupa: Sering Kaget

    Semoga bermanfaat ya, 

    dr. Mega