Tanya Dokter

  • gejala kolesterol tinggi atau penyakit jantung?

  • Dok, saya wanita berumur 34 tahun. Akhir-akhir ini sering merasakan rasa tidak enak di kaki dan tangan sebelah kanan. Sering terasa lemas dan rasanya seperti darah kurang lancar mengalir kesitu. Kadang saya juga nyeri di dada dan sakit kepala. Saya juga sering terasa "hilang" bila naik kendaraan yang agak ngebut. Kagetnya sampai terasa sakit. Mungkinkah ini gejala kolesterol tinggi dok? Atau ada gejala penyakit jantung? Terima kasih atas jawabannya dok.

    hai uswatun.. Kolesterol tinggi pada darah tidak ada gejala apapun. Jika sampai bergejala biasanya itu terjadi akibat kolesterol sudah mengendap (aterosklerosis) di pembuluh darah mengakibatkan pembuluh darah tersebut menjadi lebih sempit diameternya sehingga kurangnya aliran darah ke jaringan. Gejalanya tergantung pembuluh darah mana yang menyempit, seperti:

    • pembuluh darah jantung: mengakibatkan gejala penyakit jantung berupa nyeri dada seperti ditekan dan menjalar ke tangan kiri atau ke rahang, mual,keringat dingin, sesak napas, dll.
    • pembuluh darah mata: mengakibatkan hilangnya pengelihatan dapat total atau sebagian
    • pembuluh darah otak: mengakibatkan stroke berupa kelumpuhan, hilangnya kesadaran sementara, vertigo
    • pembuluh darah sekitar kepala: mengakibatkan pegal-pegal pada otot leher, punggung,dll.
    • dan juga organ lainnya.
    Untuk memastikan apakah adanya kolesterol tinggi harus dilakukan dengan pemeriksaan darah, yang diperiksa adalah kolesterol total, HDL (kolesterol baik yang bermanfaat untuk mengurangi pengendapan kolesterol jahat di pembuluh darah), LDL (kolesterol jahat,kolesterol yang mengendap di pembuluh darah), dan trigliserid. Jika kolesterol tinggi akan berpotensi menyebabkan terjadinya penyakit jantung dengan gejala seperti yang saya katakan di atas. Sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan langsung dan juga pemeriksaan penunjang seperti cek darah (kolesterol,HDL,LDL,Trigliserid), gula darah, dan juga rekam jantung (EKG). Semoga membantu ya. sehat selalu. Terima kasih. dr.Yan william