Tanya Dokter

  • apakah ini gejala meningitis?

  •  prika dewi
    Anggota

    Saya mengalami demam berkelanjutan,sakit kepala yg sangat sangat amat sakit dok, benaar leher terasa kaku dan sakit. Apalagi akhir-akhir ini saya sering muntah-muntah bercampur darah kental yg sangat banyak.batuk pun terus keluar darah.dok,saya takut. Apa yg harus saya lakukan?

    Hai, Saya sangat mengerti kekhawatiran anda. segera konsul ke dokter agar dapat diketahui penyebab pasti keluhan anda. Dari keluhan anda, beberapa kemungkinan penyakit lain pun belum dapat disingkirkan. Perlu pemeriksaan langsung dan penunjang sepeti pemeriksaan darah, pemeriksaan cairan otak, roentgen paru, endoskopi,CT Scan atau MRI untuk mengetahui penyebab pasti keluhan anda. Meningitis adalah radang pada meningen (selaput yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang). Penyebabnya adalah infeksi bakteri, virus, jamur atau protozoa. Kuman dapat mencapai selaput otak melalui trauma terbuka di kepala, penyebaran melalui pembuluh darah karena infeksi di tempat lain seperti, telinga, sinus, saluran pernapasan, paru, kulit,dll). Gejala yang sering dikeluhkan adalah demam, sakit kepala, rasa kaku di leher, sensitif terhadap cahaya (fotofobia), kejang, mual muntah dan lain-lain.pengobatan yang diberikan. Pengobatan yang diberikan tergantung pada penyebab meningitis tersebut. Jika Kondisi semakin memburuk, maka perlu perawatan intensif di rumah sakit. Meningitis dapat dicegah dengan pola hidup bersih dan sehat serta pemberian vaksinasi seperti vaksin meningitis, Hib atau pneumococcal. Batuk dan Muntah darah adalah keluhan yang harus mendapat penanganan segera. Beberapa kemungkinan penyebab lain keluhan anda :

    1. Penyakit di Paru :Bronkiektasis, TBC, abses Paru
    2. Penyakit Saluran Pencernaan : Gastritis, Ulkus Gaster, varises esofagus,
    3. Penyakit di Jantung : Stenosis Mitral
    4. Penyakit pembuluh darah
    5. Mengkonsumsi obat-obat tertentu seperti steroid, pengencer darah
    6. Kanker
    Karena banyak sekali kemungkinan penyebab dari keluhan anda, maka anda harus segera ke dokter untuk untuk mencari penyebab pasti. Agar dapat diberikan pengobatan yang cepat,tepat dan sesuai. Baca juga artikel tentang Radang Otak Salam, dr.Agnes Maureen    

    prika dewi  prika dewi
    Anggota

    Terimakasih banyak dok. Sudah kontrol kerumah sakit dok,diagnosa sementara bronkhitis dan liver. Tinggal menunggu hasih rontgen dok.