Tanya Dokter

  • Apakah ini gejala miom/kanker serviks?

  •  Muji Astutik
    Anggota

    Slamat pagi Alodokter. Usia sy 32thn. Sejak pertama haid sy selalu mnderita nyeri haid. Tp sejak 1/2thn lalu, nyeri hebat (saat darah kluar) pindah k perut kiri bawah/pangkal paha. Bln 9lalu siklus haid sy brubah jd 2x dlm sebulan, ygmana belum pernah sy alami. Dan 2x brturut-turut sy pendarahan dan flek tejadi selama 2hari setlah berhubungan intim. Thn 2005 akhir sy mnjalani operasi KET, dan 2006 akhir sy melahirkn anak prtama dg sesar. 3thn kemudian hingga skarang sy tidak menggunakn alat kontrasepsi apapun. Apakah ini gejala penyakit miom,kanker seviks atau lainnya? Mohon informasi dr dokter yg budiman. Matuuur nuwon.

    Hai Muji Kanker serviks pada stadium awal umumnya tidak bergejala apapun, kanker serviks yang sudah bergejala umumnya sudah masuk stadium lebih lanjut. Gejala pada kanker serviks antara lain:

    • Keputihan yang banyak disertai bau tidak sedap
    • Nyeri pada perut bagian bawah
    • Perdarahan diluar siklus haid
    • Keluar darah saat atau setelah berhubungan intim
    • Nyeri saat berhubungan intim
    • Penurunan berat badan secara drastis.
    Oleh karena kanker serviks pada stadium awal umumnya tidak bergejala apapun maka diperlukan pemeriksaan skrining/deteksi awal dengan pemeriksaan Pap smear. Anda dapat melakukan pemeriksaan tersebut pada puskesmas atau rumah sakit terdekat. Sedangkan pada miom rahim juga dapat tidak bergejala apapun. Gejala yang timbul bila letak miom di dalam dinding rahim maka menyebabkan perdarahan haid yang banyak, siklus haid yang tidak teratur serta nyeri saat haid. Bila ukuran miom sangat besar maka dapa teraba benjolan pada perut bagian bawah dan disertai gejala seperti sering buang air kecil, sulit BAB, karena terjadi penekanan miom pada kandung kemih dan rektum. Untuk memastikan miom rahim, diperlukan pemeriksaan USG oleh dokter. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Mewaspadai siklus haid yang tidak teratur. Kanker serviks. Miom rahim. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william