Tanya Dokter

  • Apakah ini gejala OCD?

  •  lintangdila
    Anggota

    Halo dok. Saya perempuan berusia 20 tahun. Saya memiliki kebiasaan sering bersih-bersih, bahkan jika ada sedikit kotoran, saya tidak bisa jika tidak dibersihkan. Saya akan gampang bad mood atau semakin stress jika ruangan saya dalam keadaan tidak bersih atau berantakan. Apakah itu gejala OCD atau sekedar saya yang terlalu perfeksionis?

    Dear Lintang Dila,

    OCD atau Gangguan obsesif kompulsif merupakan salah satu gangguan psikologis di mana seseorang menjadi mempunyai pikiran yang obsesif serta perilaku yang kompulsif, di mana penderitanya akan memiliki pikiran dan ketakutan tidak masuk akal (obsesi) yang dapat menyebabkan perilaku repetitif (kompulsi).

    Salah satu contoh dari perilaku OCD adalah seseorang akan memeriksa pintu dan jendela lebih dari 3 kali ketika ia akan meninggalkan rumahnya. Adapun beberapa gejala OCD yang biasanya muncul antara lain:

    • terus dihantui dan sangat dikuasai pikiran negatif
    • takut terkontaminasi atau kotor
    • semua harus teratur atau sistematis
    • memiliki perilaku repetitif (berulang) tertentu, seperti berulang kali memeriksa pintu, berulang kali mencuci tangan, terus menerus bertanya, dll

    Untuk mengetahui apakah Anda mengalami OCD atau tidak, maka baiknya Anda melakukan konsultasi dengan psikiater atau psikolog. Nantinya psikiater atau psikolog akan melakukan pemeriksaan yang menyeluruh mengenai kondisi yang Anda alami.

    Penanganan dari OCD sendiri dapat dilakukan dengan cara mengikuti saran dan terapi dari psikolog/psikiater. Biasanya hal yang dilakukan meliputi terapi perilaku untuk mengubah tingkah laku dan mengurangi kecemasan. Selain itu, bisa juga diberikan obat-obatan untuk mengurangi gejala.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mengatasi keluhan Anda.

    dr Taneya Putri Zahra