Tanya Dokter

  • Tidak bisa berdiri jika sudah duduk

  •  Fransiskalil
    Anggota
    Selamat sore dokter, mama saya usia 77 tahun ada diabet dan kolesterol, 2 minggu ini mama sering tidak bisa berdiri jika sudah duduk tidak bisa bangun/berdiri. Apakah ini gejala parkinson? Apa yang harus saya lakukan dok? Terima kasih

    Halo Fransiskalil.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang dialami oleh mama Anda dengan keluhan utama berupa tidak bisa berdiri jika sudah duduk, dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, diantaranya adalah : adanya gangguan elektrolit seperti hiponatremia atau kadar natrium yang rendah, hipokalemia atau kadar kalium yang rendah, adanya trauma sebelumnya terutama di daerah tulang belakang, multipel sklerosis === kerusakan saraf akibat reaksi abnormal pada sistem kekebalan tubuh yang menyerang selaput pelindung saraf, kanker, dan lain sebagainya.

    Selain penyakit yang telah disebutkan diatas, kondisi yang mama Anda alami memang dapat saja disebabkan oleh karena penyakit parkinson, yaitu penyakit yang merupakan degenerasi sel saraf secara bertahap pada otak bagian tengah yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh. Gejala yang paling umum muncul jika seseorang terkena penyakit ini adalah terjadinya Tremor atau gemetaran juga merasa lemah atau terasa lebih kaku pada sebagian tubuh.

    Yang harus Anda lakukan saat ini adalah membawa mama Anda menemui dokter spesialis penyakit saraf atau neurologi terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar mama Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang mama Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, CT scan, MRI, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati