Tanya Dokter

  • Sering menyamakan wajah seseorang dengan orang lain

  • Saya sering menyamakan wajah seseorang dengan org lain dok. Misalnya org yg baru saya temui wajahnya mirip dengan teman sd saya dan sebagainya. Dan hal ini tidak terjadi sekali dua kali. Sering saya seperti menyamakan wajah mereka. Padahal menurut teman saya, mereka tidak sama. Apakah itu sebuah gangguan psikolog?

    Hai Wahyu, Keadaan tidak bisa mengenali wajah disebut dengan prosopognasia yang juga dikenal dengan face blindness. Keadaan ini merupakan suatu penyakit yang menyebabkan seseorang salah mempersepsi wajah dari orang yang telah dikenal atau bahkan juga dengan wajahnya sendiri. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani yakni prosopon yang berarti wajah dan agnosia yang berarti untuk ketidaktahuan. Dalam penelitian yang suda dilakukan dinyatakan bahwa penyebab penyakit prosopognasia adalah karena adanya kerusakan otak akut yang pada khususnya berhubungan dengan fusyform gyrus di otak dan juga dipengaruhi oleh karena adanya faktor keturunan. Penelitian lain menyatakan bahwa keadaan ini dapat pula disebabkan oleh trauma, stroke, maupun penyakit degenerasi saraf dan tidak terkait dengan hilang ingatan, ketidakmampuan belajar dan melihat. Penyakit prosoponasia terbagi dalam 3 jenis, yaitu:

    • Prosopagnosia aperseptif yang menunjukkan kelainan sistem pengenalan wajah pada otak penderita sehingga penderita sama sekali tidak dapat membedakan wajah, usia, dan jenis kelamin seseorang
    • Prosopagnosia asosiatif menunjukkan adanya ketidakcocokan antara proses pengenalan wajah pada otak dan proses perekaman informasi pada memori penderita. Meskipun mampu membedakan wajah, namun tidak dapat mengingat nama, pekerjaan, atau informasi lain mengenai orang tersebut.Prosopagnosia tipe ini juga dikenal sebagai prosopagnosia amnestic.
    • Prosopagnosia developmental yaitu prosopagnosia yang disebabkan oleh faktor keturunan dengan tingkat ketidakmampuan pengenalan wajah yang berbeda dengan aperseptif dan asosiatif. Pada kategori ini, penderita mampu membedakan wajah namun tidak mampu mengingatnya untuk waktu yang lama.
    Untuk memastikan apakah Anda termasuk dalam kategori prosopagnosia atau tidak sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter agar dilakukan wawancara sehingga dokter dapat mendiagnosis keadaan Anda dan memberikan terapi jika diperlukan. Semoga membantu dr. Yosephine