Tanya Dokter

  • Tahi lalat yang baru muncul apakah ini menjadi indikasi kanker kulit?

  •  Nurul Faizah
    Anggota
    Dok,Saya beberapa Kali mendapati ada tahi lalat baru muncul baik di wajah maupun di sekitar Dada. Kemudian saya mulai curiga dan mencari Sumber bacaan mengenai ini.Ada beberapa yang mengaitkan kemunculan tahi lalat dengan manner kulit. Lalu saya membaca artikel di www.alodokter.com mengenai kanker kulit. Di situ tertera mengenai ciri tahi lalat "ABCDE" yang menjadi indikasi kanker kulit. Pada salah satu tahi lalat saya yang berada di Dada, saya menemukan bahwa bentuknya asymmetry dan border nya tidak rapi. Apakah hal tersebut sudah menjadi indicator bahwa saya kemungkinan mengidap kanker kulit atau masih dalam batas tahi lalat aman?

    Halo, Nurul.  Tahi lalat meruapakan noda pada kulit  yang dapat timbul dari lahir atau timbul dan tumbuh seiring waktu.  Kebanyakan tahi lalat tidak berbahaya dan tidak membutuhkan perawatan apa pun . Namun harus diperhatikan apakah tahi lalat tersebut berubah warna, bertambah besar, atau baru tumbuh atau apakah tahi lalatvtersebut permukaannay kesat, pinggirnya tidak rata. Bila tahi lalat membesar tidak hanya mempengaruhi kesehatan namun juga akan mempengaruhi psikologis karena noda yang ditimbulkan akan mempengaruhi penampilan. Meski jarang terjadi, ada tahi lalat yang bisa berdampak negatif pada kesehatan. Berikut ini tanda lahir yang perlu diperhatikan membutuhkan penanganan medis: 

    • Tandaberupa stroberi yang membesar atau yang memengaruhi area mata, mulut, atau hidung. Tanda lahir pada lokasi-lokasi ini dapat menyebabkan gangguan pada penglihatan dan pernapasan 
    • Noda anggur harus segera ditangani jika bercaknya telah berada di dekat mata dan pipi. Kondisi ini kerap dihubungkan dengan gangguan penglihatan, seperti glaukoma. 
    • Noda kopi yang timbul lebih dari enam bercak bisa menjadi tanda neurofibromatosis. Kondisi ini bisa menyebabkan tumor. 
    • Tanda lahir pada tulang punggung bagian bawah dapat berkembang ke bawah kulit dan memengaruhi saraf dari dan aliran darah ke saraf tulang belakang. 

    Anda dapat memeriksakan kepada dokter spesialis kulit bila terdapat kekhawatiran terhadap tahi lalat. Penanganan yang dapat dilakukan untuk mengatasi tahi lalat bisa berupa penggunaan laser, pembedahan, atau mengonsumsi obat-obatan. 

    Semoga bermanfaat 

    dr. Eni Yulvia S