Tanya Dokter

  • Gejala sipilis padahal tidak melakukan hubungan intim

  •  Dimas Satrio
    Anggota

    siang dok...gni dok....saya lo buang air trasa sakit banget...dan di ujungnya terasa perih....dan terus2an mengeluarkan nanah...apakah ini sipilis...padahal saya tidak melakukan hubungan intim

    Dear Dimas, Keluar cairan disertai sakit saat buang air kecil merupakan gejala yang cukup khas untuk beberapa penyakit berikut:

    Gonore adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri gonococcus. Penyakit ini ditularkan lewat hubungan seksual baik vaginal, anal, maupun oral. Gejala penyakit ini adalah keluarnya cairan berupa nanah disertai rasa perih saat buang air kecil. Sebaiknya konsultasikan segera ke dokter agar dapat ditelusuri riwayat gejala dan melakukan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan penunjang seperti analisis cairan yang keluar mungkin akan dianjurkan dokter. Diagnosis dan terapi yang tepat akan dokter berikan. Berikut anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • hindari berganti-ganti pasangan seksual
    • jangan berhubungan seksual sebelum dinyatakan sembuh oleh dokter. Jika gejala telah mereda setelah minum obat resep dokter, konsultasikan kembali dengan dokter seminggu kemudian untuk memastikan apakah benar penyakit ini telah sembuh.
    • gunakan kondom jika berhubungan seksual
    • hindari hubungan seksual dengan orang yang riwayat seksualnya tidak jelas
    Berikut laman yang dapat Anda baca: Penyakit menular seksual Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya