Tanya Dokter

  • Tulang belikat kanan menonjol

  •  aulia k
    Anggota

    Dok,umur saya 16 th,bb 38 tb 150. Tulang belikat sebelah kanan saya menonjol. Saya takut ini adalah skoliosis. Tapi saat saya raba tulang belakang saya terlihat lurus2 saja. Saya berencana rontgen untuk memastikan penyakit apa ini. Apakah tulang belikat yang menonjol itu hanya karena efek kurus atau memang ada kelainan dari tulang saya ? Dahulu bahu saya sering miring sebelah tapi saya tidak sadar,mama saya sering menegur kenapa bahu saya miring. Tapi sekarang bahu saya sudah tidak terlalu miring seperti dulu lagi,dan payudara saya juga besar sebelah. Apakah ini skoliosis? Tolong dijawab dok,terimakasih.

    Halo Aulia,   Sebaiknya Anda tidak khawatir berlebih dahulu, tulang belikat yang lebih menonjol pada satu sisi memang bisa diindikasikan sebagai skoliosis namun hal ini belumlah pasti karena untuk memastikan skoliosis Anda membutuhkan pemeriksaan lain yang lebih akurat. Penentuan diagnosa skoliosis yang pasti adalah dengan melakukan pemeriksaan foto rontgen tulang belakang (dari leher sampai ke panggul), CT SCAN / MRI jika perlu. Namun beberapa gejala fisik yang mungkin ditemui dari penderita skoliosis adalah :

    1. Bahu miring ke satu sisi
    2. Tulang belikat lebh menonjol dan turun pada satu sisi
    3. Kepala miring ke satu sisi
    4. Berjalan kadang suka miring
    5. Nyeri punggung
    6. Kadang mengalami susah bernafas
    7. Pinggul miring
    8. dll.
    Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan keluhan Anda tersebut, jika memang terjadi skoliosis pada Anda maka penemuan penyakit secara dini bisa mencegah terjadinya kemiringan tulang belakang lebih jauh dan mengurangi komplikasi lainnya dengan melakukan pengobatan / penunjang lain yang diperlukan. Penanganan skoliosis bisa dengan menggunakan :
    1. Pada kemiringan > 20 derajat = penggunaan korset/ support tulang khusus bisa dilakukan, dengan bantuan fisioterapi dan olahraga.
    2. Pada kemiringan >50 derajat maka operasi akan diperlukan untuk membantu memasang pelat baja pada tulang agar tulang tidak bertambah bengkok.
    Perbaiki postur tubuh saat beraktivitas / berolahraga, lakukan olahraga rutin serta makan gizi seimbang untuk pertumbuhan tulang yang kuat dan sehat. Baca topik Skoliosis. Semoga membantu.   dr. Yusi

    aulia k  aulia k
    Anggota

    Hari ini saya sudah rontgen dok,hasil rontgen belum keluar tapi dokter ortopedi saya mengatakan kalau memang tulang belakang saya bengkok di thoracolumbal. Cara cepat untuk mengurangi derajat nya seperti apa dok? Kalau berenang misalkan 1 minggu sekali dalam jangka berapa bulan untuk rontgen kembali melihat kemiringan nya berkurang apa bertambah ?