Tanya Dokter

  • mengalami perubahan emosional

  •  Dva
    Anggota
    Pagi dokter saya mau tanya saya punya orang dekat dimana dia mengalami peruvahan emosi yg membuat saya bingung. Dia tiba2 bisa marah krn 1 hal wktu ada di tmpt makan, kemudian ketika dirumah dia tiba2 menjadi sabar dan memaklumi sebab yg membuatnya marah tadi. Bukan hanya skali ini. Dia kadang merasa ga melakukan / mengatakan sesuatu, pdhl jelas2 saja dia melakukannya / mengatakannya. Untuk bahasa tulisan pun, dia bisa terlihat sangat baik kemudian tiba2 kasar dan tidak lama tiba2 baik lagi yg terkadang membuat saya takut. Kalo ga emosinya kumat dia menjadi sosok yg terlihat baik, pengertian, sabar tp kalo dia baru tertekan ngerjain tugas berat dia akan sering marah, kurang ambisi,dan mood swingnya berubah terlalu cepat. Apakah dia msuk ciri2 orang yg menderita bipolar? Dan bagaimana saya hrus menghadapinya?

    Terima kasih telah bertanya di Alodokter.com. Saya dr.Luh Putu Previyanti Dharma Putri akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.

    Gangguan perasaan ada beberapa jenis, yaitu :

    • Bipolar : kondisi dimana terjadi 2 episode perasaan yang berubah-ubah, yaitu episode depresi (merasa sedih, tak ada harapan, pesimis, dll) dan episode manik (energi berlebih, merasa senang berlebih, tidak dapat tidur, marah tiba-tiba, dll)
    • Depresi : merasa sedih, tidak bergairah, tidak ada harapan, dll
    • Dysthymia : depresi kronis yang berlangsung selama 2 tahun
    • dll

    Untuk menegakkan diagnosis dari keluhan yang penderita alami, disarankan agar penderita segera mengunjungi dokter spesialis kejiwaan / psikiater untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan berupa wawancara, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang seperti tes darah, dll. Kemudian terapi yang tepat dan akurat akan dapat diberikan kepada penderita. Pastikan agar penderita mengikuti perawatan yang diberikan oleh dokter dan rajin berkonsultasi kembali.

    Semoga bermanfaat, dr.Previyanti