Tanya Dokter

  • Apakah ITP dapat kambuh lagi?

  •  Tania Rahma
    Anggota

    Halo dok, saya mahasiswi berusia 21th, sewaktu saya berumur 15th saya pernah mengalami purpura tapi kurang tau jenisnya apa, cuman saat itu darah saya sangat kental hingga kaki purpura dan kaku tidak bisa digerakkan. Saya kurang tau jenisnya apa karena saat itu orang tua saya tidak menjelaskan kepada saya dan hasil2 pemeriksaannya disimpan begitu saja.

    Nah, dalam seminggu ini saya mengikuti studi lapangan yang membuat duduk seharian dalam beberapa hari di dalam bis. Selesai studi lapangan, Awalnya hanya bengkak tanpa lebam. Namun keesokannya mulai terlihat sedikit lebam pada bagian dalam kaki (tidak di bagian epidermis kulit) dan mulai keram.

    Apakah ini tanda purpura saya kambuh lagi? Apakah purpura ini juga termasuk dalam ITP *karena darah mengental dan trombosit di bawah normal* ? Mengingat saya pernah mengalami purpura, namun beberapa tahun tidak pernah kambuh lagi hingga saat ini.

    Halo, Purpura bila dibahasa indonesiakan secara gampang merupakan pendarahan dibawah kulit. ITP ( Idiopathic Trombocytopenia  Purpura), merupakan kondisi dimana terjadi pendarahan disertai penurunan trombosit dengan penyebab yang belum diketahui. Gejala yang umum terjadi pada ITP:

    • mudah memar,
    • mudah berdarah dan mengeluarkan darah tanpa sebab,
    • menstruasi yang berkepanjangan dan jumlah yang sangat banyak,
    Guna mengetahui kondisi penyakit diperlukan pemeriksaan fisik, pendalaman riwayat penyakit, dan pemeriksaan laboratorium yang lebih dalam (mulai dari cek darah hingga pemeriksaan sumsum tulang belakang). Pengobatan dan diagnosa penyakit perlu disesuaikan dengan kondisi pasien dan hasil pemeriksaan. Disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam dan bila dirasa perlu dapat dilakukan pemeriksaan ke dokter spesialis hematologi. Berikut saya sertakan artikel tentang ITP. Semoga bermanfaat, dr. Aditya Pratama.