Tanya Dokter

  • Apakah dikarenakan efek samping konsumsi obat?

  • Hi dok. Maaf saya mau tanya. Suami saya sedang mengidap penyakit cacar dan sudah minum obat satu kali yg saya belikan dari apotik. Obatnya : SANMOL (Parasetamol) ERYSANBE® 500 (Erythromycin 500 mg OPISTAN® 500 (Mefnamic Acid 500 mg Setelah suami saya minum obat tersebut pukul 19.00 badanya langsung berkeringat banyak sekali mulutnya terasa pahit dan suami saya pun merasa gerah samapai bajunya basah kuyup karena keringat yg berlebihan. Sampai tengah malam kondisi suami saya berbalik 180° dok. Suami saya menggigil kedinginan sampai pagi menjelang. Yang saya tanyakan apakah kondisi suami saya seperti itu wajar karena sekarang suami saya tidak saya perkenankan melanjutkan obat itu dulu sebelum ada jawaban dari dokte. Mohon pebjelasanya dari dokter,saya merasa kasihan dengan suami saya karena minum obt dr saya. Sebelumnya terima kasih.

    Hai Kemungkinan kondisi suami Anda saat ini sedang demam, dimana kondisi suhu tubuh melebihi 37.3 derajat Celcius. Demam paling sering disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Pada saat pemberian penurun panas seperti Sanmol (paracetamol) maka demam turun sementara dan tubuh memberikan respon dengan mengeluarkan keringat dingin berlebih untuk mengeluarkan panas tubuh. Jika infeksi masih berlangsung, penurun panas hanya bertahan sekitar 3-4 jam dan suhu tubuh dapat kembali meningkat, pada saat kondisi tubuh demam, tubuh akan merespon dengan menggigil karena suhu tubuh yang tinggi. Pada saat demam, mulut dan lidah akan terasa pahit akibat berkurangnya sensasi rasa pada lidah. Penyakit cacar air merupakan yang disebabkan oleh infeksi virus Varicella zooster. Terapi yang diperlukan adalah dengan antivirus seperti acyclovir baik minum maupun salep, bukan antibiotik seperti erithromycin kecuali bila adanya infeksi sekunder oleh bakteri. Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter bila meminum suatu obat terutama antibiotik. Gejala dari cacar air antara lain:

    • Demam/panas tinggi selama 1-2 hari yang disertai pegal-pegal seluruh sendi dan otot
    • Sakit kepala
    • Muncul melenting berisi cairan jernih pada seluruh tubuh, dimulai pada bagian wajah, tubuh dan menjalar pada kedua tangan dan kaki. Melenting ini sering disertai gatal ringan.
    Sebaiknya Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan langsung terlebih dahulu sehingga diketahui apa kemungkinan penyakit yang dialami oleh suami Anda. Untuk pengobatan harus disesuaikan dengan penyebabnya. Informasi mengenai gejala penyakit cacar air dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Cacar air (varicella). Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william