Tanya Dokter

  • Penyebab sakit saat buang air kecil dan keputihan berwarna putih susu

  •  Macua
    Anggota

    dok,,mau tanya,,saya pernah sakit kencing 6bulan yg lalu,,kalau cuaca dingin pasti kambuh,,,kalau kencing sakiiiittt banget dan sering anyang2n gitu,,sampai ga bisa tidur,,trus uda 6bulan ini juga saya keputihan,,,kalau keluar banyak banget,,dan itu tiap hari,,kayak halangan,,trus kadang bening,,kadang putih kayak susu basi,,tidak bau cuma terkadang gatal banget,,yg mau sya tanyakan,,apkh keputihan itu termasuk gejala infeksi saluran kencing juga? atau sejenis penyakit lain nya,,terima kasih

    Macua  dr. Rico N
    Dokter

    Halo, Perlu diketahui bahwa ISK/infeksi saulran kencing dan keputihan adalah 2 hal yang berbeda. ISK merupakan infeksi pada saluran kencing sedangkan keputihan adalah pengeluaran cairan dari vagina. ISK bahwa biasanya ditandai oleh keluhanseperti nyeri saat berkemih, anyang-anyangan, dan nyeri pada perut bawah biasanya tidak disertai keputihan. Demikian pula pada keputihan, umumnya tidak disertai gejala ISK. Tetapi mungkin saja kedua kondisi tersebut terjadi bersama-sama sehingga terkesan berhubungan padahal tidak. Walaupun demikian, memang terdapat juga beberapa kondisi seperti infeksi GO / gonore yang dapat menyebabkan gejala keputihan dan ISK sekaligus. Keputihan yang abnormal dapat disebabkan oleh beberapa penyebab al:

    • Bakterial vaginosis / BV : biasanya keputihan kelabu, amis
    • Infeksi jamur / kandidiasis vagina : keputihan putih / kuning, seperti susu pecah / basi, gatal, panas
    • Infeksi parasit / trikomoniasis vagina : berbuih, warna kehijauan, sangat gatal, kadang nyeri
    • Infeksi Gonore
    • Herpes
    • Keganasan
    • Kombinasi penyebab diatas (misal : BV dan kandidiasis vagina terjadi bersamaan)
    • Penanganan tentunya sesuai penyebabnya
    ISK paling sering disebabkan oleh bakteri, biasanya membutuhkan terapi antibiotika. Banyak minum (min 2,5 liter sehari) dan jangan menahan kencing merupakan hal yang sangat penting dalam menangani ISK. Sebaiknya anda mengunjung dokter untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Tuuannya adalah menentukan penyebabnya. Jika diperlukan dokter mungkin akan meminta anda menjalani pemeriksaan tambahan yang relevan seperti analisa air seni, pengambilan sampel keputihan untuk diperiksa dengan miroskop dan USG. Setelah itu, pengobatan akan diarahkan sesuai dengan penyebabnya (satu / lebih). infeksi saluran kemih Keputihan tanda ketidaknormalan cairan vagina demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat ya.