Tanya Dokter

  • Solusi atasi benjolan seperti jerawat pada sisi kepala

  •  郭献雨
    Anggota

    Hy dokter... ada sebuah bisul/jerawat di bgian sisi kepala kanan.. awalnya benjol dah saya pecahin dengn jarum,.. dan terus terjadi beberapa x  pendarahn hingga hari ini...

    jadi saya harus pergy lihat dokter apa? 

    Halo, terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Benjolan seperi jerawat atau bisul pada kuit kepala Anda alami kemungkinan merupakan suatu folikulitis. Folikulitis adalah peradangan pada folikel rambut yang pada umumnya disebabkan oleh bakteri Stpahylococcus aureus. Gejala yang dialami berupa benjolan kecil pada daerah berambut seperti jerawat berisi nanah yang biasanya pecah dan sembuh dengan sendirinya, disekitar benjolan juga terdapat kulit yang memerah dan terasa nyeri.

    Jika perdarahan tidak juga berhenti, Anda dapat mencoba untuk menekan daerah tersebut dengan kain atau kasa yang bersih selama beberapa menit hingga perdarahan berhenti, hindari mengangkat kain atau kasa sebelum perdarahan berhenti total.

    Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke Dokter terlebih jika perdarahan yang dialami tidak juga berhenti, untuk mengetahui penyebab dari benjolan dan perdarahan yang di alami agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan secara tepat. Dokter akan melakukan wawancara dan pemeriksaan secara menyeluruh terutama pada daerah benjolan tersebut.

    Hal yang dapat  dilakukan untuk saat ini antara lain:

    • Menjaga kebersihan pada daerah kepala
    • Jangan menggaruk atau memencet daerah benjolan
    • Cukupi asupan gizi dan cairan sehari-hari
    • Beristirahat yang cukup
    • Mengelola stres dengan baik

       

      Semoga bermanfaat.

      Salam,

      Dr. Christian Haryanto