Tanya Dokter

  • Dampak pemijatan pada kaki bengkak

  •  Ririn Martha
    Anggota
    Mau tanya dok, kaki saya bengkak karena jatuh di daerah mata kaki, bengkak nya besar, apakah boleh diurut/dipijat? Untuk obatnya apakah boleh pakai thrombogel dok? Makasi

    Halo

    Bengkak setelah cedera/trauma adalah suatu respon radang akibat trauma jaringan sekitar. Kadang bengkak ini bisa saja tidak sebatas trauma jaringan, mungkin juga telah mempengaruhi tulang (patah). Oleh karena itu pada kondisi awal jangan langsung diurut bengkak akibat cedera karena apabila terdapat patah tulang urutan tersebut bisa memperparahnya.

    Bengkak yang hanya sebatas memar pada jaringan sekitar dapat ditangani sederhana dengan kompres dingin (mengurangi nyeri) dan hangat (mengurangi bengkak). Lakukan kompres ini 5x/hari sampai keluhan berkurang. Urutan ringan mungkin dapat mengurangi keluhan namun jangan terlalu dipaksakan.

    Penggunaan obat thrombogel, sejenis obat pencegah gumpalan darah, pada kasus memar, perlu diperhatikan terlebih dahulu. Obat ini biasanya dijual secara bebas dan boleh digunakan pada memar yang ada. Namun jika terjadi reaksi seperti iritasi, rasa menyengat atau terbakar, dan gatal yang berat paska penggunaan obat maka segera hentikan penggunaan dan konsultasikanlah secara langsung ke dokter.

    Semoga bermanfaat

    dr. Muhammad Fadhil