Tanya Dokter

  • Apakah kanker otak stadium 3 bisa sembuh dan apa obatnya ?

  •  Ferdian
    Anggota
    Dok istri sy di diagnosa mengidap kanker otak stadium 3. Saya harus bgmn dok ? Apakah istri sy akan bsa sembuh ? Dan berobat dimana yg paling bagus

    Halo Ferdian......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa kanker otak merupakan tumbuhnya tumor berbahaya pada otak. Kanker otak terbagi dari kanker otak primer di mana penyebabnya datang dari otak, dan kanker otak Sekunder di mana muncul dari bagian tubuh lain dan menyebar sampai ke otak.

    Umumnya sakit kepala berkepanjangan merupakan gejala kanker otak yang paling sering muncul untuk pertama kali. Gejala yang lainnya tergantung pada lokasi kanker, di mana dapat terjadi perubahan kebiasaan, mengantuk, kesulitan berbicara, hilang memori, atau hilang konsentrasi.

    Penderita kanker otak dapat diobati dengan cara pembedahan untuk mengangkat tumor, Dan dilanjutkan dengan Radioterapi, kemoterapi, dan gabungan keduanya untuk menangani jaringan tumour yang tersisa. Akan tetapi perlu diingat, kesembuhan kanker otak tergantung dari karakteristik kanker yang dialami ( misal : letak, besar, jenis, dll. )

    Setelah penanganan, kanker bisa saja muncul kembali. Jika hal ini terjadi, maka prosedur yang dilakukan berikutnya adalah hanya untuk memperpanjang usia kehidupan selama mungkin dan menangani gejala yang ada.

    Kami sangat menyarankan kepada anda untuk mendiskusikan hal ini kepada dokter spesialis saraf terlebih dahulu yang terdapat di Rumah Sakit besar di daerah anda. Agar istri anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, dan akhirnya penanganan yang tepat untuk istri anda dapat dilakukan.

    Artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    KANKER OTAK

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati

    Ferdian  Ferdian
    Anggota
    Tolong di jwb ya dok sy butuh pencerahannya. Dok apakah banyak yang berhasil di oprasi dan pengobatannya? Apakah ada pengalaman dokter pasien yg sembuh dr kanker stadium 3 ?