Tanya Dokter

  • apakah kanker servik?

  •  Vellis Tigris
    Anggota

    Dok mw tnya.aq sering bgt haid.gak banyak sih kdng cm flek2 j.aq jg keputihan dh dr umur 15thn.warna putih susu.aq skr udh nikah&punya anak1.aq sering nyeri d perut.kembung.dan kl aq bersihin bagian kewanitaanq aq raba smp dlm tu d mulut rahim kok da kyk kutil d bibir rahimnya tu apa y.soalnya kdngan terasa cekit2 gt dok.aq smp periksa k dokter&USG soal haid yg g lancar itu ktny g da masalah.apa y dok kira2 soalnya aq masih ragu

    Hi,

    Keputihan bisa terjadi sebagai proses yang normal pada wanita. Asalkan cairan vagina yang dikeluarkan saat keputihan tidak berwarna berbeda dari biasanya, tidak berbau tajam, tidak disertai gejala seperti gatal atau perih, keputihan bisa tergolong normal. Anda bisa membaca laman berikut ini lebih jauh untuk mengenal keputihan yang normal dan tidak normal:

    http://www.alodokter.com/keputihan

    Apa maksud Anda dengan haid yang sering? Apakah menstruasi Anda terjadi kira-kira setiap bulan? Haid yang sedikit biasa sering juga disebut sebagai oligomenorhea, dan kadang dapat ditemukan pada wanita normal karena jarak dan banyaknya haid sangat bervariasi antar individu dipengaruhi oleh jumlah hormon, keadaan fisik, psikis, emosi, dan lain sebagainya. Untuk informasi lebih lanjut tentang menstruasi dan gangguannya dapat di akses laman:

    http://www.alodokter.com/mewaspadai-menstruasi-yang-tidak-normal http://www.alodokter.com/menstruasi/

    Jika Anda mengalami flek darah atau pendarahan di luar masa menstruasi Anda, segera periksakan ke dokter. Pendarahan yang terjadi di luar menstruasi bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti:

    • polyp
    • efek samping kontrasepsi hormon
    • penyakit menular seksual seperti klamidia ( http://www.alodokter.com/penyakit-menular-seksual-pms/ )
    • penyakit radang panggul
    • stres
    • kista ovarium
    • vagina yang kering
    • ganguan pada serviks - sekviks ektropion
    • kanker serviks, kanker rahim dan lain-lain
    Dengan keluarnya darah dari vagina yang tidak teratur/tidak normal dan adanya benjolan di dalam rongga vagina, sebaiknya diperiksakan kepada dokter. Pemeriksaan fisik dalam organ intim, dan tes medis seperti tes urin dan USG rongga pangul, akan membantu dokter mencari tahu penyebab dasar gejala-gejala Anda. Sebaiknya jangan ditunda karena ada kemungkinan Anda mengalami infeksi. Jika dibiarkan, infeksi bisa bertambah parah, menyebar atau bahkan merusak sistem reproduksi.

    Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai kanker serviks, Anda dapat membacanya di laman berikut:

    http://www.alodokter.com/kanker-serviks/

    http://www.alodokter.com/mitos-seputar-kanker-serviks

    http://www.alodokter.com/mendeteksi-sel-abnormal-penyebab-kanker-serviks

    Periksakan diri dan jalani tes Pap smear 3 tahun sekali untuk mencegah kanker serviks.

    Semoga dapat membantu.

    Salam,

    dr Henry Andrean

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.