Tanya Dokter

  • Apakah kedutan di kelopak mata berbahaya?

  • Salam. Perkenalkan, saya wanita usia 22 tahun, blm menikah. Keluhan saya adalah, kelopak mata sebelah kiri saya sering sekali mengalami kedutan. Ini berawal ketika saya kelas XI SMA tepatnya bulan september sampai kelas XII SMA (saya lupa bulannya) mengalami kedutan terus menerus tanpa berhenti, sampai-sampai saya merasa tidak terbebani dengan kedutan tersebut. Sekarang saya sudah semester 7, kedutan memang tidak terjadi secara terus menerus, namun masih sering terjadi jika : saya terlalu emosi (saya tertawa terlalu lama, saya berbicara terlalu bersemangat, saya merasa cemas). Saat itulah kedutan saya kambuh lagi sampai  kira-kira 1-2 jam-an. Apakah ini berbahaya dok? Apa harus ada penanganan serius untuk masalah kedutan saya? Terimakasih.

    Halo, Kedutan secara medis disebut sebagai suatu kelainan yang dinamakan tic. Tic adalah gerakan di luar kendali tubuh yang berlansung cepat, berulang dan tidak berirama pada kelompok otot tertentu. Tic dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

    • tic motorik, misalnya pada otot kelopak mata, otot leher, atau otot bahu
    • tic vokal, misalnya mengeluarkan suara menggeram, atau seperti menghirup
    Penyebab tic sampai saat ini belum diketahui, ada beberapa penelitian yang menyatakan ini disebabkan hormon di susunan saraf yang terlalu banyak. Tetapi hal ini juga belum dapat dipastikan. Bila tidak menggangu kehidupan sehari-hari dan tidak disertai gejala lain, bagian besar tic tidak berbahaya. Anda harus memeriksan kondisi ini ke dokter spesialis saraf bila gejala dirasakan makin sering atau makin berat. Pengobatan tic biasanya dilakukan rangkaian terapi perilaku. Semoga membantu