Tanya Dokter

  • Keluar gumpalan darah saat hamil 6 minggu

  •  sam
    Anggota
    Malam dok, sy mau tanya. 16 oktober lalu sy usg kehamilan pertama dg usia kandunga 6w, lalu sy mengalami pendarahan dan keluar gumpalan darah sebanyak 2x. hari ini 3 november sy periksa ke dokter kandungan trnyata pas di usg msih terlihat kantung kehamilan dan 2 minggu lg sy diminta untuk kembali priksa. pertanyaan sy apa ada kemungkinan kantung kehamilan sy masih bisa berkembang dg perkiraan usia kandungan saat ini memasuki 9w dok

    Halo,

    Keluarnya perdarahan atau bercak darah disertai keluarnya cairan atau jaringan (gumpalan darah) dari vagina merupakan salah satu tanda terjadinya keguguran atau istilah medisnya dikenal dengan abortus.

    Pemeriksaan USG sendiri dilakukan untuk memastikan keguguran yang Anda lami, apakah hal ini masih merupakan ancaman keguguran sehingga janin masih bisa berkembang atau keguguran sudah terjadi sehingga kehamilan sudah tidak bisa dipertahankan.

    Dengan masih adanya kantung kehamilan juga bisa menunjukkan kondisi blighted ovum atau hamil kosong di mana hal ini merupakan suatu kondisi medis di mana terjadi kehamilan, tetapi embrio atau janin tidak berkembang dan yang berkembang hanya kantung kehamilannya saja.

    Oleh karena itu, memang baiknya dilakukan pemeriksaan ulang ke dokter kandungan Anda karena nantinya setelah 2 minggu akan dilakukan pemeriksaan usg ulang untuk memastikan apakah kantung kehamilan Anda berkembang atau tidak dan bisa juga dipastikan apakah ada janin yang berkembang di dalam kantung kehamilan.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mengatasi keluhan Anda.

    dr Taneya Putri Zahra