Tanya Dokter

  • apakah kemerahan yang disebabkan oleh eksim dapat hilang?

  •  Willy Cheng
    Anggota

    selamat siang dok, saya willy ceng, umur 22 tahun.. saya ingin bertanya, saya sudah pergi ke dokter kulit, dan memberitahu bahwa saya terkena eksim di sekitar alis dan pipi.. dia mnyebutkan bahwa saya mengalami alergi hormonal, yg berarti tidak bisa disembuhkan, bagaimana cara saya mengecek, kalau saya alergi apa? kemudian saya diberikan salep, sudah smnggu saya pakai, memang kulit muka skitar pipi dan alis sudah halus tidak kasar lagi, tpi kemerahan yang di pipi masih belum hilang, padahal saya sudah pkai salepnya selama smnggu, apakah bercak merah di pipi ini bisa hilang dok? mohon bantuannya, terima kasih. :)

    Willy Cheng  Willy Cheng
    Anggota

    Willy Cheng February 7, 2015 at 1:10 pm selamat siang dok, saya willy ceng, umur 22 tahun.. saya ingin bertanya, saya sudah pergi ke dokter kulit, dan memberitahu bahwa saya terkena eksim di sekitar alis dan pipi.. dia mnyebutkan bahwa saya mengalami alergi hormonal, yg berarti tidak bisa disembuhkan, bagaimana cara saya mengecek, kalau saya alergi apa? kemudian saya diberikan salep, sudah smnggu saya pakai, memang kulit muka skitar pipi dan alis sudah halus tidak kasar lagi, tpi kemerahan yang di pipi masih belum hilang, padahal saya sudah pkai salepnya selama smnggu, apakah bercak merah di pipi ini bisa hilang dok?  dan bagaimana cara menghilangkannya? mohon bantuannya, terima kasih. :)
     

    Hello, Terdapat berbagai macam pemeriksaan untuk menentukan jenis alergi, antara lain :

    1. Skin prick test
    2. Skin patch test
    3. Intradermal test
    4. Pemeriksaan IgE melalui cara ELISA
    5. Radioalergosorben test (RAST)
    6. Immunocapture test (CAP test)
    Namun di Indonesia pemeriksaan yang paling banyak digunakan adalah skin prick atau patch test dimana lengan Anda atau anggota badan lainnya akan diberikan beberapa jenis zat yang akan memberikan kemungkinan reaksi alergi. Jika terjadi reaksi makan kulit yang diberikan zat tersebut akan mengalami peradangan dan memerah atau timbul rasa gatal. Konsultasikan dengan dokter spesialis imunologi dan alergi di rumah sakit untuk keterangan pemeriksaan tersebut. Berikut adalah laman yang membahas mengenai alergi : http://www.alodokter.com/alergi/ Kemerahan yang Anda rasakan dapat terjadi akibat reaksi peradangan dari alergi atau merupakan efek dari obat yang diberikan. Reaksi alergi memberikan reaksi peradangan pada tubuh sehingga akan merasakan kemarahan, terkadang nyeri, terkadang pembengkakan, dan lainnya. Reaksi dari obat juga dapat menyebabkan kemerahan untuk menekan reaksi alergi yang ada. Konsultasikan pada dokter yang memeriksa Anda sebelumnya untuk mendapatkan keterangan yang lebih spesifik. Semoga dapat membantu. Salam, dr Herny Andrean