Tanya Dokter

  • Mata terasa seperti ada benang dan pasir

  •  Rerena
    Anggota

    Halo Dok, saya melihat ada seperti ganggang atau benang yang bergerak mengikuti arah bola mata saya. Selain itu, ada pula seperti biji selasih atau pasir yang bergandeng-gandeng gitu . Saya sempat cek ke dokter mata katanya hanya sakit kecapekan melihat gadget atau komputer, dan saya diberikan tetes mata dari cendo vitrolenta sama eyevit.

    Saya juga akhir-akhir ini sering gelap pandangannya kalau abis duduk berdiri atau jongkok berdiri. Sekitar 5-15 detik baru hilang gelapnya. Tekanan darah saya sih 109/65 dok.

    Nah, saya masih penasaran penyakit ini masuk toxo atau tidak krn seperti ada yang mengganjal perasaan saya, tempat saya berobat itu tidak menjelaskan semuanya secara rinci. Mohon dijawab ya dok. Terimakasih.

    Halo,   Pada orang dewasa, sangat tidak lazim terjadi infeksi toksoplasma pada mata. Bahkan terkadang infeksi toksoplasma pada orang dewasa tidak terlalu jelas karena gejalanya yang mirip dengan infeksi virus biasa seperti flu. Beberapa gejala yang ditimbulkan akibat infeksi toksoplasma pada dewasa antara lain adalah :

    1. Demam
    2. Rasa lelah
    3. Sakit kepala
    4. Nyeri tenggorokan
    5. Nyeri otot
    6. Pembengkakan kelenjar getah bening di tempat seperti leher,dll.
    7. dll.
    Infeksi mata akibat toksoplasma umumnya terjadi pada janin saat masih dalam kandungan ibu yang bisa terbawa sampai bayi terlahir dan kemudian menyebabkan infeksi mata akibat toksoplasmosis yang menyebabkan gangguan penglihatan karena rusaknya retina dan koroid mata saat proses pertumbuhan di kandungan akibat virus ini. Kondisi penglihatan yang Anda alami ini disebut dengan istilah floaters pada dunia medis. Floaters bisa terjadi akibat banyak faktor seperti :
    1. Usia
    2. Paska operasi mata
    3. Radang mata = uveitis
    4. Miopia
    5. Perdarahan pada mata
    6. Robekan retina
    7. dll.
    Baca topik Eye floaters. Konsultasikan secara mendetil mengenai kondisi mata Anda kepada doketr mata yang merawat Anda jika pemberian obat tidak memberikan efek yang memuaskan. Rasa pandangan gelap yang muncul sehabis berjongkok dan kemudian menghilang dengan cepat bisa disebabkan karena hipotensi postural yang normal terjadi akibat perubahan posisi tubuh. Topik lengkap mengenai Hipotensi postural bisa Anda baca pada laman Apa itu Hipotensi postural?   Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Rerena  Rerena
    Anggota

    Halo dokter Yusi, terimakasih atas jawabannya. Lalu apakah floaters itu bisa disembuhkan ya dok? Obatnya apa ya dok? Saya hanya diberikan Vitrolenta dan eyevit, apa ada obat lain anjuran dokter yang lebih efektif? Dan apa benar floaters bisa menyebabkan kebutaan apabila tidak diobati secara rutin? Mohon dijawab dok dan semoga sukses! :D