Tanya Dokter

  • Sakit perut bagian kanan dan keluarnya bercak darah

  •  locitalaras
    Anggota

    saya dian usia 21 tahun , baru" ini perut saya bagian kanan terasa sakit seperti di tusuk kemudian menghilang. lalu siklus datang bulan saya sudah selesai tapi masih mengeluarkan bercak darah ketika sakit itu muncul tiba" ada darah juga yang terkesan seperti darah haid, ini baru pertama kali terjadi untuk nafsu makan normal tapi saya sering terlambat makan karena kesibukan saya sebagai mahasiswa dan wanita karir sehingga saya tidak memperhatikan pola makan juga, apakah saya mengalami lambung luka, usus buntu atau yang lebih parah kista ya dok?

    Hai Siklus haid berlansung sekitar 2-7 hari, dan sangat dipengaruhi oleh hormon tubuh wanita yaitu estrogen dan progesteron. Kedua hormon tersebut bersifat fluktuatif (dapat berubah-ubah), oleh sebab itu terkadang siklus haid juga dapat tidak teratur, seperti memanjang, memendek, perdarahan banyak atau sedikit. Ini dapat dipengaruhi oleh ketidakseimbangan hormonal, lebih sering terjadi pada usia muda. Beberapa faktor pemicu ketidakseimbangan hormonal, antara lain:

    • Kelelahan
    • Stres psikologis
    • Diet ketat
    • Penurunanan atau peningkatan berat badan secara drastis
    • KB hormonal (bila sudah menikah) seperti suntik, pil, susuk.
    Bila keluhan siklus haid terus menerus, berlangsung lama dan atau disertai nyeri haid hebat, keputihan, dsb, bisa juga disebabkan oleh adanya kelainan pada indung telur atau rahim, misal pada: Untuk mengetahuinya diperlukan pemeriksaan USG oleh dokter. Penyakit asam lambung tidak berpengaruh pada siklus haid, melainkan gejalanya adalah nyeri ulu hati, mual, muntah, kembung, dsb. Begitu juga usus buntu, gejala utamanya adalah nyeri perut kanan bawah yang semakin nyeri bila dilakukan penekanan. Informasi lengkap dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Mewaspadai siklus haid yang tidak normal Penyakit asam lambung Penyakit usus buntu. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william