Tanya Dokter

  • Kista ovarium

  • .selamat siang.

    saya berusia 24 tahun dan belum menikah. dua tahun yang lalu saya pernah dirawat dirumah sakit karena maag akut, dan saat itu terdeteksi kalau di perut saya ada cairannya. akhirnya saya dirujuk ke SpOg, setelah di USG ternyata ada kista di perut saya. pada saat itu dokter SpOg yg menangani saya bilang kalau ini normal, semua wanita punya kista. Beliau malah menegur dokter muda SpPd yg merujuk saya, katanya kista yg saya miliki itu kecil dan normal, mungkin dokter muda itu tadi yg terlalu khawatir. Awalnya saya tenang tenang saja, tapi lama kelamaan saya kepikiran terus. Takut apabila mengidap kanker ovarium/serviks. Dari gejala gejalanya yg sering saya browsing dari internet, saya hanya mengalami keputihan. tapi keputihan ini sudah terjadi sejak saya masih SMP. tidak sampai berbau busuk. tapi hampir tiap hari keluar. kadang banyak, kadang dikit, kadang malah tidak keluar (tapi jarang). saya memang orang yg mudah sekali stress, dan mood berubah ubah. dalam sehari biasanya keputihan keluar dua kali, siang dan sore. warnanya putih seperti susu, tapi terkadang juga bening tak berwarna. Dulu ketika masih SMP, saya belum mengerti. jadi kurang begitu menjaga kebersihan, makanya keputihanku waktu itu berbau, sehari cuma ganti celana dalam 2 kali. Sekarang, tiap kali celana dalam basah atau keputihan keluar, saya langsung ganti celana dalam dan segera membersihkan area intim. Saya ingin memakai pantyliner dan sabun khusus kewanitaan, tapi katanya itu tidak bagus untuk organ kewanitaan, jadi saya tidak mau coba coba. Untuk siklus menstruasi terbilang normal, malah bisa dibilang subur. Tiap bulan selalu datang bulan. Namun siklus haid saya cuma berkisar 22 an hari aja. Jadi terkadang dalam sebulan bisa haid sampai 2x. Jika keluar banyak ya 5 hari sudah bersih. tapi kalo keluar cuma sedikit sekali, butuh waktu 10 harian baru bersih. Saya tidak pernah mengalami sakit perut menjelang menstruasi sampai pingsan. Sakit perut nya ini cuma kadanv kadang aja, tidak pasti tiap bulan pas haid selalu sakit perut. dan itu cuma dihari pertama. ketika haid biasanya perut bagian atas organ kewanitaan terasa kencang sekali. Kalau nyeri panggul jarang sekali. Bahkan saya tidak ingat kapan terakhir nyeri panggul, saya sempat bertanya pada diri sendiri apakah ini karena kista yg saya miliki atau karena hemorroidku. Cuma di pinggul aja. Terkadang sesekali di perut bawah bagian kanan, terasa kalo orang jawa bilang "sengkrang sengkrang" gitu. seperti nyeri, tapi cm bentar trus ilang. ini juga jarang, belum tentu sebulan sekali terasa sengkrang sengkrangnya. Apakah kista yg saya miliki ini tergolong berbahaya ?

    Halo Dewi Tam Taram, Menstruasi dan keputihan yang anda alami bisa dikategorikan normal. Untuk kista yang anda alami dapat terjadi di bagian tubuh mana pun. Jika dokter kandungan tidak menghiraukan kista yang anda alami, kemungkinan besar kista tersebut terletak di bagian ovarium. Pada kista ovarium cenderung tidak menimbulkan gejala kecuali kista tersebut pecah. Untuk penyebab kista ovarium sendiri terdapat dua penyebab:

    • Kista fungsional: Muncul sebagai bagian dari siklus menstruasi dan tidak berbahaya. Dapat hilang dengan sendirinya.
    • Kista dengan sel abnormal:
      • Kista dermoid: Kista abnormal yang biasa terjadi pada wanita umur dibawah 40 tahun.
      • Kista adenoma: Kista abnormal yang biasa terjadi pada wanita diatas 40 tahun.
    Jangan takut akan kista ovarium. Kalau anda masih merasa ragu, ada baiknya anda memeriksakan diri kembali dengan dokter spesialis kandungan. Pemeriksaan rutin dengan USG akan mencegah lebih dini jika kista yang anda miliki memiliki kecenderungan menjadi ganas. Anda dapat membaca juga tentang artikel penanganan kista ovarium berikut. Semoga membantu, Dr. Yosephine U. L. Simanungkalit