Tanya Dokter

  • Apakah kukang termaksud binatang yang dapat menularkan virus rabies?

  •  Afree Dick
    Anggota

    Dok,,anak saya hari ini tgl 17 mei 2015 tergigit binatang kukang.. kata yg punya binatang,,kukangnya tidak rabies..tapi dia cerita pernah digigit dan demam beberapa hari.. menurut yg saya baca ciri awal terkena rabies itu mengalami deman.. yg ingin saya tanyakan langkah awal apa yg harus saya lakukan pada anak saya???? apakan binatang kukang itu termaksud binatang yg bs terkena rabies???

    Halo,   Gigitan binatang bisa berbahaya karena bisa saja menyebarkan virus penyebab rabies. Dan Kukang adalah sejenis primata yang bisa menjadi salah satu hospes pembawa virus rabies. Jika Anda terkena gigitan binatang (baik dicurigai / tidak adanya rabies) maka saran pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah :

    1. Segera mencuci luka dibawah air mengalir yang bersih.
    2. Bersihkan luka dengan cairan antiseptik seperti rivanol / H2O2 3%
    3. Segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan perawatan lanjutan dan pemeriksaan lanjutan serta mendapatkan suntikan anti tetanus / anti rabies jika dicurigai adanya rabies.
    4. Tangkap hewan yang mengigit Anda dan periksakan ke laboratorium untuk mengetahui ada / tidaknya virus rabies pada hewan tersebut.
    Saran terbaik kami adalah periksakan anak Anda ke dokter / RS terdekat untuk melihat apakah demam yang menyerang anak Anda merupakan infeksi bakteri akibat gigitan atau akibat infeksi lain seperti tetanus / rabies. Baca artikel Rabies dan Tetanus. Baca topik Rabies dan Tetanus. Jika perlu lakukan vaksinasi profilaksis dan pengobatan rabies sebanyak 3 kali pada saat gigitan pertama kali, hari ke 7 dan hari ke 14 paska gigitan untuk mencegah rabies. Semoga membantu.   dr. Yusi

    Afree Dick  Ade Riyaldi
    Anggota

    dok , kalau kita menyuntikan obat rabies ke kukang apakah kukangnya bisa mati atau gimana dok