Tanya Dokter

  • Mengatasi kulit wajah yang mengalami iritasi

  •  Windy Ayyu
    Anggota
    Permisi dok, saya saat ini masih mengeluh soal wajah saya yg sedikit iritasi. Iritasi di wajah saya tidak terlalu merah hanya kasar saja tpi masih terasa perih. Terus, berubah menjadi hitam. Apa yg harus saya lakukan dok? Apa saya harus periksa ke dokter? Atau saya diamkan saja? apakah kulit iritasi seperti ini dpt hilang dalam waktu cepat? Penyebab kulit saya iritasi, Karena jerawat yg selalu saya obati, Dan jerawat itu saya obati dengan buah nanas yg saya tempelkan ke wajah, alhasil malah kulit saya teriritasi.Mohon responnya dok! Terima kasih.
    Windy Ayyu  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Windy,

    Kulit yang menjadi kehitaman kemungkinan merupakan hiperpigmentasi pasca inflamasi / peradangan. Peradangan pada kulit yang iritasi bisa menimbulkan keluhan perih, kemerahan, lecet, kasar, mengelupas, dan bisa muncul bekas kehitaman.

    Bekas kehitaman bisa memudar sendiri dalam waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan bergantung pada respon kulit masing-masing orang. Apabila saat ini masih ada peradangan aktif, atau masih terasa kasar dan perih, sebaiknya Anda fokus untuk mengurangi iritasinya terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan soothing cream dan pelembap yang non comedogenic.

    Setelah iritasi mereda dan kulit lebih tenang, Anda bisa fokus memudarkan bekas kehitaman dengan menggunakan krim pencerah, scrubbing, home peeling, dan jangan lupa menggunakan tabir surya saat pagi-sore hari agar bekas tidak semakin menghitam ya.

    Apabila iritasi tidak segera membaik atau ingin memudarkan bekas kehitaman dengan lebih cepat, Anda bisa berkonsultasi dengan doktr kulit supaya bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui kondisi kulit sehingga Anda bisa diberikan penanganan yang lebih maksimal, misalnya dengan krim steroid untuk mengurangi iritasi, dan tindakan untuk mengurangi kehitaman seperti chemical peeling, laser, mikrodermabrasi, dermaroller, dan photodynamic therapy.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Iritasi kulit
    Cara menghilangkan bekas luka

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y