Tanya Dokter

  • Penyebab hasil testpack masih positif paska kuretase

  • dok saya mau tanya tgl 31 okt sya kuret krna hmil anggur trus tgl 10 saya kuret ulang krna ga bisa sekligus kta doktrnya takut pendarahan hari ini tgl 21 nov saya kontrol hasil lab masih positiv kadar 50 sya sruh blik lg smnggu lg .. dan saya taspack pun masih positiv apa kuret nya blum bersih apa gimana dok..

    Terima kasih Pungky Yulitha S atas pertanyaannya. Hamil anggur dalam bahasa kedokter biasa dikenal dengan mola hidatidosa. Mola ini tidak dapat dicegah, namun beberapa hal yang meningkatkan risiko terjadinya hamil anggur adalah: 1. Usia ibu yang terlalu muda (< 20 tahun) atau terlalu tua (> 40 tahun) 2. Pernah mengalami hamil anggur sebelumnya 3. Pernah keguguran Untuk mengatasi hamil anggur, dokter spesialis kandungan memang akan melakukan kuretase, namun jika tersediia sarana yang lengkap, dokter spesialis kandungan seringkali melakukan kuretase yang khusus (suction kuret / kuret dengan cara disedot atau hisap). Hal ini dikarenakan perdarahan yang dapat terjadi pada saat kuret hamil anggur dapat sangat banyak dan berbahaya. Hamil anggur ini pun dapat berbahaya dan tidak. Untuk membedakan kedua hal tersebut, diperlukan pemeriksaan rutin terhadap hormon HCG. Setelah dilakukan kuretase, memang hormon HCG masih akan positif dan testpack pun masih dapat positif. Hal ini dikarenakan tubuh memerlukan waktu untuk mengembalikan siklus hormonal seperti semula. Dari hasil pemeriksaan HCG secara rutin pun dapat ditentukan apakah mola yang Anda alami jinak atau ganas. Tentu saja penanganannya pun berbeda antara yang jinak dan ganas. Anda dapat berdiskusi dengan dokter spesialis kandungan Anda mengenai hal ini. Anda juga dapat membaca artikel terkait: Hamil anggur Demikian jawaban dari saya, semoga membantu dr. Andika Surya

    trimakasih atas jwbnya dok lebih sedikin menenangkan saya... tp kpn kadar hcg akn trun dok hari ini saya tespack lagi masih positif .. dan sudah dua mnggu setelah saya kuret yg ke dua ... dan sya masih ngeflek coklat dok..