Tanya Dokter

  • apakah makan makanan yang pedas berpengaruh terhadap bayi pada saat menyusui?

  • Hallo dokter saya dengan nisa, sata baru saja melahirkan 4 blan yll, kmarin anak saya banyak sekali jamur d sekitar mulutnya, orangtua saya blang krna saya terlalu banyak mkan mkanan pedas, apa itu benar dokter? Mohon jawabannya, trims

    Khoerunnisa Pamuji  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat malam, Apa yang anda maksud dengan jamur sekitar mulut berupa bercak atau selaput warna putih pada daerah bibir, pipi bagian dalam dan lidah bayi? Warna putih pada daerah sekitar mulut bayi memang merupakan masalah yang sering terjadi pada bayi, penyebabnya dapat berupa endapan susu/ASI, atau infeksi jamur. Endapan susu dapat dibersihkan dengan menggunakan lap bersih yang dibasahkan dengan air hangat, kemudian oleskan perlahan pada bagian putih di mulut bayi, jika selaput atau bercak mudah dibersihkan maka penyebabnya adalah endapan susu, namun jika sulit dilap, maka penyebabnya adalah jamur. Jamur yang terjadi pada mulut bayi disebabkan oleh Candida, jamur ini secara normal hidup di kulit maupun mukosa manusia dalam jumlah kecil, namun jamur ini dapat menimbulkan gejala pada mulut bayi dalam kondisi sebagai berikut :

    • Sistem kekebalan tubuh bayi yang belum sempurna, sehingga tidak dapat mengatasi pertumbuhan berlebih dari jamur
    • Bayi mendapatkan pengobatan antibiotik beberapa seaat sebelumnya. Dimaana antibiotik tersebut membunuh bakteri baik di mulut sehingga lebih rentan untuk pertumbuhan jamur
    • Ibu mengkonsumsi antibiotik, dan bayi mendapatkan efeknya melalui ASI yang diberikan.
    Pada kondisi tersebut, yang dapat dilakukan adalah :
    • Rajin membersihkan mulut bayi, terutama setiap habis minum ASI, dengan lap basah yang bersih, usap secara perlahan, jangan digosokkan, karena akan terasa perih bagi bayi dan dapat menimbulkan luka.
    • Jika jamur dalam jumlah banyak dan tidak kunjung hilang, dapat diberikan obat seperti gentian ungu atau nystatin drop. Namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak anda.
    • Hati-hati jangan sampai jamur tertular dan menginfeksi payudara anda, jika timbul keluhan pada puting berupa perih, kemerahan, bengkak, atau kering maka berikan pengobatan krim juga pada payudara anda, agar infeksi jamur tidak terjadi bolak-balik antara anda dengan bayi.
    Jadi tidak ada hubungan antara makan makanan pedas dengan timbulnya bercak keputihan di mulut bayi. Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat.