Tanya Dokter

  • Apakah masturbasi kronis menyebabkan maag dan penurunan berat badan drastis?

  •  andi212
    Anggota

    dok,,saya umur 30 pria,belum menikah..mulai SMP kelas 2 sampe skg umur 30 saya sering masturbasi,,hampir tiap hari dok..tetapi bebrapa bulan ini sudah saya kurangi ..apa bisa masturbasi seperti itu menyebabakan penurunan berat badan seperti saya?

    tetapi masalah saya adalah saya udah 1 tahun ini mengalami penurunan berat badan darstis dari yg awalnya 72 kg skg menjadi 57 kg..memang sih saya kata dokter lambung ada gastritis mealalui endoskopi lambung..teteapi apa emng maag bisa mengalami penurunan berat badan drastis seperti saya? padahal klo soal makanan saya nafsu banget dok makan,,tetapi mengurangi makanan pedas/asam dan daging.

    saya juga sering sakit pinggang di bawah  kanan uda 1 tahun juga dok, gejalanya nyeri2 kayak ditusuk jarum..tetapi anenhnya cuma di piggang kanan aja ..yg kiri ngak sakit,,apakah ini karena kebanyakan mastrubasi dok? 

    saya uda berobat,udah USG perut.prostat,ronsen punggung dan thorax ,cek darah lengkap,gula puasa,PSA,semua Hasilnya Normal dok.

     

     

    Halo andi212, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Masturbasi kronis tidak akan menyebabkan sakit maag ataupun penurunan berat badan yang drastis. Berikut ini adalah hal-hal negatif yang dapat ditimbulkan bila anda melakukan masturbasi secara berlebihan:

    1. Iritasi kulit hingga patah penis bila masturbasi dilakukan secara kasar
    2. Dapat menyebabkan kecanduan atau kompulsi masturbasi yaitu kondisi dimana kegiatan masturbasi mengganggu aktivitas kehidupan normal
    3. Mengganggu kehidupan seks apabila seseorang lebih memilih melakukan masturbasi dibanding melakukan hubungan seksual dengan pasangannya

     

    Penurunan berat badan dapat disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

    1. Penyakit organik, misalnya hipertiroidisme (kelebihan hormon tiroid), tuberkulosis, kanker, diabetes, HIV, gangguan pencernaan (misalnya defisiensi enzim tertentu, penyakit celiac, penyakit crohn, dan lain-lain)
    2. Penyebab psikologis misalnya terdapat gangguan makan (anoreksia dan bulimia), depresi
    3. Faktor lain seperti penggunaan obat-obatan tertentu, olahraga berlebihan, stress berlebihan 

     

    Penyakit seperti gastritis juga dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak disengaja. Untuk dapat mengetahui penyebab penurunan berat badan yang anda alami, ada baiknya anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan dapat menanyakan lebih dalam mengenai gejala-gejala yang menyertai penurunan berat badan anda, melakukan pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan penunjang yang diperlukan, misalnya pemeriksaan darah, panel tiroid, CT scan, ataupun MRI, tergantung pada gejala yang anda alami mengarah pada penyakit apa.

    Sementara itu beberapa hal yang dapat anda lakukan sementara belum didapatkan diagnosis pasti penyebab penurunan berat badan anda, anda dapat mencoba untuk makan makanan yang sehat dan bergizi dalam jumlah lebih banyak dari biasanya, makan dalam porsi terbagi namun lebih sering 4-5x sehari. Sertai juga dengan olahraga rutin setiap hari, minum yang cukup, serta istirahat. Hindari kebiasaan yang merusak kesehatan seperti merokok, minum alkohol, serta penggunaan obat-obatan terlarang.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat

     

    dr. Irna Cecilia