Tanya Dokter

  • Apakah mengkonsumsi ampas kopi berbahaya bagi kesehatan?

  •  julian
    Anggota

    Assalamu'alaikum.wr.wb

    Dok, saya penyuka kopi tp karena sedang menyusui, saya membatasi hanya secangkir dalam sehari, malah kadang-kadang 2 hari secangkir.

    yang mau saya tanyakan Dok, apakah berbahaya mengkonsumsi kopi serta ampasnya, karena saya suka sekali makan ampas kopi karena menurut saya rasanya enak?

    Terima kasih atas penjelasannya Dok.

    Hai.. Mengkonsumsi kopi beserta ampasnya berarti mendapatkan nutrisi yang terkandung dalam kopi lebih banyak dibandingkan jika hanya meminum kopi yang disaring ataupun yang telah diambil sarinya saja. Bubuk kopi memiliki beberapa kandungan selain kafein diantaranya adalah mengandung Triglycerid yaitu suatu komponen dari LDL (low density lipoprotein) yang dapat menimbulkan gejala penyakit jantung selain itu ampas kopi juga mengandung nitrogen, phospor dan potasium.  Jika kopi disaring, maka zat-zat ini tidak ikut terambil. Adalah suatu keputusan yang bijak untuk mengurangi konsumsi kopi pada saat Anda sedang menyusui. Kopi dengan kafeinnya dapat membuat gangguan tidur pada bayi dan bayi belum mampu untuk mendetoksifikasi kafein dari tubuhnya.  Di samping itu bayi juga memerlukan kalsium untuk pertumbuhan tulang namun penyerapan kalsium dalam tubuh menjadi berkurang saat kita meminum secangkir kopi. Silahkan juga dibaca artikel tentang manfaat dan hal yang perlu diwaspadai dari kopi. Semoga membantu. Salam, dr. Vera