Tanya Dokter

  • Apakah meningitis bersifat menurun?

  •  Nur Jannah
    Anggota

    Malam Dok, saya Anna 19 tahun. Dari kecil saya sering kena sakit kepala dan sering mimisan. Sakitnya, sakit sekali. Sakit kepala hebat, tiap sakit kepala datang saya muntah-muntah. Kalo sudah muntah baru perasaan agak enakan. Seingat saya papah juga sering begitu, tiap sakit kepala pasti muntah. Waktu saya kelas 2 sma papah meninggal di rumah sakit karna meningitis. semenjak sma saya sudah tidak pernah mimisan, tapi masih sering sakit kepala sampai sekarang. Kalo sakit kepala saya datang, saya juga demam tapi tangan dan kaki saya dingin sekali Dok. Saking sakitnya, kadang saya pikir saya sudah mau mati. Sebenarnya ini gejala apa Dok? apa mungkin meningitis itu bersifat menurun dari papah? mohon balasannya Dok, terima kasih sebelumnya.

    Hai Nur Jannah Salah satu faktor yang mempermudah terjadi infeksi selaput otak (meningitis) adalah faktor genetik dari keturunan. Pada seseorang yang mempunyai keturunan meningitis mempunyai peluang lebih besar terinfeksi pada selaput otak bila adanya kontak dengan kuman tertentu, namun ini tidak selalu. Tiga gejala utama dari meningitis adalah demam, leher kaku, disertai penurunan kesadaran. Dapat disertai gejala lain seperti:

    • Sakit kepala hebat
    • Mual muntah
    • Sensitif terhadap cahaya
    • Kejang.
    Untuk mengetahui pasti apakah terkena meningitis atau tidak diperlukan pemeriksaan penunjang seperti CT scan atau MRI kepala dan juga analisa cairan sumsum tulang belakang. Informasi lengkap mengenai meningitis dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Meningitis. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william