Tanya Dokter

  • Apakah merupakan gejala kencing batu ?

  •  Willy Bunadi
    Anggota

    Dok tadi pagi saya buang air kecil dan perut saya merasa sakit pada saat buang air kecil , lalu saat air seni saya rasa sudah habis tetapi ada rasa seperti masi ingin buang air kecil. Dalam selang waktu 30-60 menit kedepan sudah terasa normal kembali, apakah ini merupakan gejala kencing batu atau sudah pasti kencing batu ? hal ini sangat jarang saya alami, sudah pernah beberapa kali dialami tetapi dalam jangka waktu yang lama, misal 3-4 bulan yang lalu sebelum itu juga pernah saya alami dan gejalanya sama persis

    Dear Willy, Rasa sakit ketika buang air kecil disertai rasa ingin selalu buang air kecil cukup khas untuk gejala infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih (ISK) bagian bawah lah yang sering menimbulkan keluhan tersebut dimana ISK ini meliputi urethritis dan sistitis (radang kandung kemih). Penyakit ini disebabkan oleh kontaminasi bakteri. Selain karena ISK, keluhan sakit saat buang air kecil bisa disebabkan oleh:

    Untuk menentukan penyebabnya diperlukan konsultasi langsung dengan dokter dimana dokter akan menyimak gejala dan melakukan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan penunjang seperti tes urine dan USG mungkin akan dianjurkan dokter. Diagnosis yang tepat dan terapi yang sesuai akan dokter berikan. Berikut anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • jaga kebersihan area genital
    • hindari kebiasaan menahan buang air kecil
    • minumlah air dalam jumlah yang cukup minimal 8 gelas perhari
    • hindari berganti-ganti pasangan seksual
    Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Rony Wijaya