Tanya Dokter

  • apakah menderita kista ovarium masih bisa hamil dengan cepat?

  • Dok,aq Mau tanya dong .. pd bln oktober thn lalu,saya Prgi Memeriksakan diri ke dr spesialis kandungan...Keluhan saya "Saya trlambat dtg bln sekitar 2mgu" dn dr pun mengUSG sya,dn saya pun di vonis mnderita Kista ovarium sebelah kiri,wktu itu hasil usg nya kista sya sdah brukuran 6cm,,trus sya di suruh balik lagi 3bln kmudian,tapi saya tdk balik lagi....saya takut dok...Dn skrg setiap saya akn dtg haid/setelah haid,perut sebelah kiri sampe ke pinggang bagian belakang seperti sakit tpi g sakit" amat,mau di blg kram "ia"...knapa itu dok.?? apakah Rahim ku trganggu,apakah sya masi bisa mmpunyai anak..?Apa solusinya biar bisa cepat hamil dok. ??

    Hai Yolanda Berpengaruh atau tidaknya kista terhadap kesuburan tergantung dari tipe kista. Kista yang dapat berpengaruh pada kesuburan antara lain:

    • Policystic ovary syndrome (PCOS) dimana kista-kista kecil pada indung telur akibat dari kelainan hormonal sehingga dapat mempengaruhi kesuburan.
    • Kista endometriosis. Dikarenakan dapat mengakibatkan gangguan hormonal, peradangan dan juga perlengketan pada saluran indung telur.
    Sementara kista yang tidak mempengarui kesuburan adalah:
    • Kista fungsional. Kista yang bukan akibat dari sel abnormal, dapat mengecil sendiri akibat hormonal atau periode menstruasi.
    • Kista dermoid dan cystadenoma. Kista yang berasal dari perkembangan sel abnormal yang tidak mempengaruhi kesuburan, namun sebaiknya tetap dilakukan monitoring karena dapat berpotensi menjadi besar dan ditakutkan akan mengganggu kesuburan.
    Sebaiknya Anda kembali melakukan pemeriksaan pada dokter Anda untuk dilakukan evaluasi ulang pada kista dengan uSG. Anda tidak perlu takut karena sebagian besar kista tidak berbahaya. Informasi berikut mengenai kista ovarium dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Jangan takut dengan kista ovarium. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william