Tanya Dokter

  • Apakah mual adalah efek dari vagistin ovula?

  • Saya di beri resep obat cerfixime dan erbifin untuk kutil kelamin oleh dokter dan juga tadi malam saya di beri vagistin ovula untuk mengatasi keputihan. hari pertama memakai vagistin ovula. Hari ini kepala saya merasa melayang dan terasa mual. Apakah keluhan saya itu adalah efek obat2 tsb?

    Hai Fitria. Berikut mengenai penjelasan tentang obat yang anda konsumsi

    1. Vagistin ovula merupakan suatu obat yang berguna untuk mengatasi keputihan yang disebabkan oleh bakteri terutama pada kasus trikomoniasis,bakterial vaginosisdan jamur seperti kandidiasis dimana mengandung metronidazole dan nystatin. Dengan sediaannya berupa dimasukkan dari vagina, sebenarnya bertujuan untuk mengurangi efek samping sistemik yang mungkin timbul. Namun efek samping yang mungkin timbul yakni mual, pusing, muntah, diare.
    2. Cefiximemerupakan antibiotik untuk mengatasi penyakit yang disebabkan oleh bakteri dimana salah satunya adalah infeksi saluran kemih. Efek samping umum yang terjadi akibat penggunaan obat ini yakni mual, pusing, diare, gangguan pencernaan
    3. Erbifine sendiri juga memiliki kandungan berupa metronidazoledimana merupakan salah satu antibiotik.

    Mengingat kandungan vagistin ovula dan erbifin yang sama, anda perlu berkonsultasi kembali dengan dokter anda mengenai kondisi yang anda alami. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter anda sebelumnya, dan jika hendak ingin berganti dokter, usahakan senantiasa menginformasikan obat apa yang telah anda gunakan agar dokter tidak memberikan obat yang sama kembali. Dan jika pun harus diberikan sama, agar dokter dapat mengatur dosisnya agar tidak berlebihan.

    Berikut mengenai kutil kelamin dan keputihan. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa