Tanya Dokter

  • Perbedaan darah haid dengan darah implantasi

  •  siskahairul
    Anggota
    Mlm dok. Dok saya ingin menjelaskan dahulu Pada bulan november saya haid pada tanggal 22 nov slm 7 hari. Kemudian saya berhubungan dg pasangan saya pd tgl 1 des dan 6 jan, pasangan ejekulasi dluar. Pd tgl 13 saya melakukan tes kehamilan melalui testpack dan hasilnya negatif, kemudian saya lakukan lagi seminggu sesudahnya, pada pagi hari dan hasilnya tetap negatif. Kemudian sore hari saya haid dok, saya mengalami pinggang sakit seperti pada hari pertama haid sprt wanita pada umumnya, dan darah haid saya banyak, kadang mengeluarkan seperti darah yang menggumpal. Yang ingin saya tanyakan apakah mungkin masih hamil dok setelah saya haid? Karena saya melakukan pencarian digoogle kadang masih bisa. Tolong dok, jelaskan perbedaan darah haid dan darah flek pada kehamilan? Apakah darah flek kehamilan banyak seperti darah haid dan harus memakai softex? Tks dok

    Hai siskahairul,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Darah menstruasi berasal dari luruhan dinding rahim (lapisan endometrium) yang keluar akibat tidak terjadinya pembuahan sel telur oleh sel sperma. Karenanya, jelas bahwa kehamilan tidak mungkin terjadi bersamaan dengan menstruasi.

    Mungkin yang Anda bingungkan adalah istilah "flek kehamilan" atau "perdarahan implantasi" yang kerap disebutkan dapat menyebabkan perdarahan menyerupai menstruasi saat hamil.

    Sesungguhnya, flek kehamilan tidak selalu terjadi pada wanita yang sedang hamil. Justru, kebanyakan wanita yang hamil normal tidak akan mengalami flek apapun sepanjang kehamilannya. Adapun yang dimaksudkan dengan flek kehamilan adalah darah yang keluar dari jalan lahir akibat robekan pembuluh darah rahim saat janin hasil pembuahan mengalami implantasi (tertanam di dinding rahim). Perdarahan ini jumlahnya sangat sedikit (1-2 tetes) dan demikian pula durasinya (1-2 hari). Jadi, jelas berbeda dengan perdarahan yang terjadi saat menstruasi.

    Karena itu, jika menilik dari keluhan yang Anda sampaikan, kemungkinan darah yang banyak dan bergumpal yang Anda alami merupakan perdarahan menstruasi biasa. Hal ini ditunjang juga dengan hubungan seksual terakhir yang Anda lakukan tanpa ejakulasi di dalam vagina, sehingga tentu akan jauh lebih kecil potensinya menyebabkan kehamilan.

    Akan tetapi, jika Anda sangat khawatir, tidak ada salahnya Anda melakukan testpack atau memeriksakan diri Anda langsung ke dokter spesialis kandungan agar dilakukan USG ya..

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah