Tanya Dokter

  • apakah normal berat janin 1100 gram diusia kehamilan 27 minggu?

  •  Fietrie Dhian
    Anggota

    Ass. Dok saya mau nanya waktu itu saya USG di UK 27 minggu, dan berat janin saya 1100 gram, apakah normal dok, saya takut tidak normal, apalagi pas saya periksa di UK 28 minggu timbangan saya tidak naik, tolong di jawab ya dok terimakasih sebelumnya.

    Hai Fietrie, USG merupakan salah satu alat penunjang medis yang digunakan untuk melihat gambaran yang ada dalam organ tubuh. Hasil berat janin yang didapatkan merupakan sebuah perkiraan berat janin. Berdasarkan hasil pemeriksaan ini tidak perlu dikhawatirkan, karena hasil pemeriksaan masih dalam batas normal. Pada janin usia 27 minggu berat pada umumnya sekitar 875 gr, 28 minggu (1005), 29 minggu (1153), 30 minggu (1319). Pemeriksaan USG yang disarankan empat kali dilakukan selama hamil (Satu kali setiap tiga bulan dan ditambah satu kali lagi pada trimester ke 3) kecuali ditemukan keluhan. Yang dapat Fietrei lakukan adalah:

    • Menjaga kesehatan dengan melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat,
    • Mengkonsumsi makanan bergizi,
    • Berolah raga ringan seperti senam ibu hamil,
    • Hindari Stress,
    • Istirahat yang cukup.
    Berikut beberapa artikel yang menarik untuk Fietrie baca mengenai proses kehamilan: Semoga bermanfaat, dr. Aditya Pratama

    Fietrie Dhian  Fietrie Dhian
    Anggota

    Terima kasih dok penjelasan nya, maklum anak pertama, saya takut klo terjadi apa2 sama calon anak saya.

    Fietrie Dhian  Fietrie Dhian
    Anggota

    Oh iya dok ada lagi yang mau saya tanyakan, kalo HPHT saya tgl 26 januari 2015, HPL nya berapa ya dok yang benar, kalo saya sering check-up ke bidan HPL nya tgl 2 oktober, sedangkan waktu saya USG di dokter HPL nya tgl 2 november, saya jadi bingung dok, menurut dokter yg benar yang mana, terima kasih sebelumnya.

    Baik ukuran janin, berat janin, dan usia janin yang didapatkan melalui pemeriksaan USG merupakan perkiraan, bukan sebuah nilai pasti. Hal ini pun sama dalam penggunaan HPHT. HPHT mengasumsikan pembuahan langsung terjadi setelah selesai menstruasi. USG menilai usia janin berdasarkan tumbuh kembang janin, mulai dari lingkar kepala, lingkar perut, panjang tulang kaki, dan panjang tulang tangan. Semuanya hanya perkiraan dengan bantuan rumus yang sudah disediakan disalam USG didapatilah perkiraan berat janin dan usia janin saat pemeriksaan. HPHT maupun USG merupakan alat bantu dalam memperkirakan usia kandungan. Keduanya mungkin berbeda namun tidak perlu dijadikan pikiran. Yang penting kondisi janin tumbuh sehat dan tidak ada gangguan dalam proses kehamilan. Semoga bermanfaat, dr. Aditya Pratama.