Tanya Dokter

  • Pengaruh obat hipertensi terhadap kadar asam urat

  • Halo dok, saya ingin bertanya perihal bapak saya yg mengalami asam urat. Bapak saya sebelumnya mengalami stroke yg diwajibkan mengkonsumsi obat pengencer darah clopidogrel dan obat hipertensi amilodipine 5 mg. Apakah obat-obat tersebut bisa menaikkan kadar asam urat dalam darah? Krna bapak saya juga mengalami asam urat setelah mengkonsumsi obat2 tersebut. Terimakasih.

    Halo,

    Apakah yang Anda maksud ayah Anda alami, peningkatan kadar asam urat di dalam darah?

    Peningkatan kadar asam urat dalam darah, lebih sering dipicu oleh peningkatan asupan purin dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari, peningkatan produksi purin (dapat disebabkan oleh komplikasi dari penyakit tertentu seperti DM,hipertensi, obesitas, Gagal Ginjal), efek samping obat-obatan jenis tertentu, faktor keturunan, terhambatnya pengeluaran asam urat melalui ginjal (dalam air seni) dan sebagian kecil lewat saluran cerna (dalam feses).

    Asam urat adalah hasil metabolisme purin dalam tubuh yang bila berlebihan kadarnya dalam tubuh, akan dibuang melalui saluran cerna dan ginjal. Namun bila kadar asam urat dalam darah sangat tinggi dan pengeluaran asam urat tidak memadai maka akan terjadi penumpukan kristal-kristal natrium urat di persendian. Karena kristal natrium urat bentuknya tajam, maka dapat melukai lapisan persendian yang lunak dan menyebabkan peradangan sendi. Hal inilah yang dapat menyebabkan Penyakit Asam Urat/Gout. Peningkatan asam urat dalam darah tidak selalu mengakibatkan penyakit asam urat. Hanya 1/3 orang dengan peningkatan asam urat dalam darah yang menderita Gout. Penyebab hal ini, belum diketahui dengan pasti.

    Kedua obat yang Anda tuliskan dikonsumsi oleh ayah Anda, Amlodipine dan Clopidogrel keduanya tidak memilki efek samping meningkatkan kadar asam urat dalam darah dan menjadi penyebab Penyakit Asam Urat.

    Sebaiknya Anda mengkonsultasikan kembali mengenai kekhawatiran Anda kepada Dokter yang merawat ayah Anda. Dokter yang melakukan pemeriksaan medis langsung yang memahami detail penanganan dan pengobatan ayah Anda.

    Sementara di rumah, dampingi ayah Andauntuk menerapkan  Pola Hidup Sehat untuk menjaga kondisi hipertensi dan menurunkan peningkatan asam urat dalam darah :

    • Pilihlah makanan bergizi seimbang. Pilih lauk pauk yang rendah lemak seperti ikan, daging tanpa lemak,ayam tanpa kulit. Makan selalu sayuran dan buah dalam porsi yang cukup. Olah makanan dengan mengukus, merebus, menumis dan memanggang.
    • Hindari semua makanan dan minuman yang mengandung alkohol, berbahan dasar fermentasi seperti tape.
    • Hindari makanan yang berkadar purin tinggi seperti jeroan, daging merah (daging sapi, bebek, kambing), makarel, tuna, tape dan seafood. Namun batasi mengkonsumsi bayam, kangkung, daun singkong, toge, kacang polong, kacang panjang, jamur, roti yang mengandung ragi, kacang merah dan kacang tanah.
    • Perbanyak konsumsi sayuran selain yang disebutkan di atas.
    • Boleh mengkonsumsi susu rendah/tanpa lemak, teh dan air minum (dalam jumlah yang cukup).
    • Istirahat cukup terutama di malam hari, minimal 8 jam sehari.
    • Olahraga secara teratur 5x dalam seminggu, setiap sesi olahraga 30 sampai 60 menit.
    • Kelola stress dengan bijaksana.
    • Kontrol secara teratur kepada Dokter dan minumlah obat/ menjalankan pengobatan sesuai anjuran Dokter.

     

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda. 

     

    Salam sehat, Dr Caecilia Haryu Aryapti.