Tanya Dokter

  • Apakah obat doksisiklin dan natrium diclofenac bahaya buat janin?

  •  Maya Sari
    Anggota
    dok mau tanya obat doxycycline, obat natrium diklofenak apa berpengaruh bagi janin yg berusia 4-5 Minggu?

    Hai Maya. Doksisiklin merupakan suatu antibiotik yang membunuh bakteri dimana berspektrum luas atau memiliki jangkauan terapi yang luas dan sering digunakan pada kasus seperti infeksi menular seksual, masalah kulit seperti jerawat, penyakit kutu tertentu. Penggunaan obat ini secara umum cukup aman dan jarang menimbulkan efek samping yang berbahaya. Namun, pada kehamilan obat ini masih kontroversi dimana obat ini disebut membawa resiko kelainan bawaan lahir terutama jika digunakan saat trimester kedua. Sedangkan pada trimester pertama masih dikatakan aman. Secara umum sendiri, obat ini memang tidak direkomendasikan untuk kehamilan, kecuali memang amat sangat mendesak dan dengan pengawasan dokter. Oleh karena itu, masih dibutuhkan banyak penelitian lebih jauh untuk membuktikan kondisi ini. Hal terpenting adalah infokan kepada dokter anda mengenai kehamilan anda. 

    Sedangkan natrium diclofenac pada kehamilan sendiri juga secara umum masih diperdebatkan. Ada kekhawatiran bahwa penggunaan diclofenac meningkatkan resiko keguguran, namun ada penelitian lain yang menyebutkan tidak terutama jika penggunaan dibawah 30 minggu. 

    Konsultasikan kembali dengan dokter anda mengenai kondisi yang anda alami. Informasikan kepada dokter anda bahwa anda sedang hamil agar dokter dapat memberikan obat yang lebih tinggi keamanannya pada kondisi anda. Berikut mengenai doksisiklin dan diclofenac. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa