Tanya Dokter

  • Apakah obat yang cocok untuk maag lebih dari 1 minggu?

  •  labiybafakh
    Anggota

    Permisi dok mau tanya, saya jumat minggu lalu coba priksa sakit maag akut ke salah satu klinik dan disarankan untuk antasida dan renatidine , saya coba konsumsi obat tersebut hingga 4 hari dan alhamdulilah sudah lumayan membaik , saat ini yang tersisa kadang bangun tidur atau saat aktivitas  asam lambung meningkat , waktu bangun tidur mulut terasa pahit dan perih terkadang , barusan saya baca ternyata terdapat sakit kanker lambung saya jadi takut, untuk obat yang sesuai apakah ada saran dok untuk saat ini ?

    Labiy yang baik,

    sakit maag adalah kondisi yang amat sering ditemui sehari-hari. Sakit maag dapat dicirikan dengan rasa nyeri di ulu hati yang terkadang disertai oleh rasa mual dan penuh di lambung. Sakit maag juga dapat muncul dalam varian lain seperti GERD atau GastroEsophageal Reflux Disease yakni naiknya asam lambung ke tenggorokan oleh karena katup lambung melemah. Asam lambung yang naik ini menyebabkan rasa pahit di mulut dan rasa tidak nyaman di tenggorokan.  Kanker lambung adalah salah satu komplikasi bila sakit maag dibiarkan terus menerus, karena lapisan yang terluka cenderung berpotensi menjadi kanker bila terjadi terus menerus.

    Sejatinya dalam menangani sakit maag, tidak hanya diperlukan obat-obatan saja melainkan juga gaya hidup ramah lambung yang terdiri dari :

    • menghindari konsumsi makanan pedas/bersantan
    • menghindari konsumsi kafein seperti pada kopi
    • memperbaiki kebiasaan telat makan
    • manajemen stres psikis yang baik
    • menghindari konsumsi jamu-jamuan atau antinyeri yang tidak sesuai dengan indikasi dokter

    Untuk mengurangi GERD, usahakan untuk tidak makan hingga terlalu kenuang dan hindari langsung berbaring setidaknya 2 jam pasca makan. Bila kondisi berlanjut, penting bagi Anda untuk memeriksakan diri ke dokter. Lebih jauh mengenai topik ini berikut kami lampirkan artikel mengenai sakit maag. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief