Tanya Dokter

  • Apakah operasi pengangkatan rahim memiliki resiko?

  • dok, mama saya disarankan operasi pengangkatan rahim. apasaja resikonya? apakah dengan cara rahimnya diangkat, sakit miom dan kistanya dapat sembuh total?

    Halo Yosephine Jeany,terimakasih telah bertanya di alodokter. Mengenai prosedur pada ibu anda,pengangkatan rahim dalam bahasa medis disebut sebagai histerektomi. Operasi ini terutama diindikasikan untuk wanita dengan penyakit tertentu seperti:
    1. Menorrhagia (Menstruasi berlebihan)
    2. Endometriosis
    3. Infeksi radang panggul
    4. Fibroid
    5. Otot rahim yang kendor
    6. Penebalan rahim
    7. Mioma rahim
    Pada pertanyaan anda ditanyakan mengenai komplikasi serta kekambuhan pada mioma,hal ini sangat bergantung pada derajat keparahan mioma yang diderita oleh ibu anda dan jenis histerektomi yang dilakukan (dapat anda konsultasikan langsung ke dokter kandungan). Tetapi bagaimanapun,setiap operasi memiliki komplikasinya masing-masing,baik dari segi pembiusan atau dari tindakan operasi. Efek sampingnya adalah:
    1. Gangguan pada usus dan saluran kemih
    2. Perdarahan vagina
    3. Gejala-gejala yang didapat pada perubahan hormonal.
    Sangat disarankan jika ibu anda paska histerektomi,tetap kembali berkonsultasi ke dokter kandungan terkait dan mendapatkan info selengkapnya. Demikian info yang dapat diberikan,semoga bermanfaat. Salam dr. Celleen